Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 11:53 WIB

Jurus Transmart Carrefour Amankan Konsumen dari Gesek Ganda

Adityaputri - detikFinance
Jurus Transmart Carrefour Amankan Konsumen dari Gesek Ganda Foto: Transmart Carrefour
Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan aturan terkait pelarangan gesek ganda pada mesin kasir. Transmart dan Carrefour sebagai pelaku usaha ritel pun taat kepada peraturan tersebut.

"Terkait dengan informasi tersebut sejak tahun 2014 Transmart dan Carrefour telah melakukan penggantian POS atau mesin kasir tanpa adanya alat swipe di mesin POS/mesin kasir," ujar Corporate Communication General Manager PT Trans Retail Indonesia Satria Hamid, Kamis (14/9/2017).


Ada dua hal yang perlu diperhatikan terkait proses transaksi menggunakan mesin EDC di Transmart dan Carrefour. Pertama, kasir memasukkan 16 digit nomor kartu di mesin POS untuk pembayaran menggunakan EDC BCA dan EFT Offline, terkait dengan proses pencatatan penjualan di sistem dengan entry data/input nomor kartu di POS maka data rahasia customer pada kartu kredit tidak akan berpindah atau terpapar di sistem (bukan swipe/gesek).

Dan kedua, untuk kenyamanan konsumen saat bertransaksi di Transmart dan Carrefour, saat memasukkan PIN, maka kasir wajib mengalihkan pandangan ke arah lain atau tidak berusaha untuk melihat nomor PIN konsumen tersebut.

"Untuk itu dimohon agar konsumen juga menutupi saat memasukkan nomor PIN," tambah Satria.

Jika ada keluhan atau masukan mengenai pengalaman Anda berbelanja dan bertransaksi di Transmart dan Carrefour, silahkan mengirimkan melalui email ke: customer_service@transretail.co.id


Pengaturan mengenai penggesekan ganda kartu nontunai telah tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Pada Pasal 34 huruf b, Bank Indonesia melarang penyelenggara jasa sistem pembayaran menyalahgunakan data dan informasi nasabah maupun data dan informasi transaksi pembayaran selain untuk tujuan transaksi pemrosesan pembayaran. Tercakup di dalamnya adalah larangan pengambilan data melalui mesin kasir di pedagang. (ega/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed