Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 17:15 WIB

Susi: Daftar CPNS KKP Tak Harus Cumlaude

Muhammad Idris - detikFinance
Susi: Daftar CPNS KKP Tak Harus Cumlaude Foto: Mulianta Setipu/kontributor pasangmata.com
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun ini membuka pendaftaran untuk penerimaan 329 formasi CPNS. Dari informasi yang beredar, untuk formasi umum, mengharuskan syarat minimal lulus dengan predikat cumlaude.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengklarifikasi bahwa syarat penerimaan kualifikasi cumlaude yang dimaksud di kementeriannya adalah untuk 5 lulusan terbaik di setiap jurusan, bukan lulusan yang mendapatkan predikat cumlaude saat kelulusannya sebagaimana yang dipahami banyak orang.

"Saya hari ini ingin menyampaikan beberapa klarifikasi tentang seleksi penerimaan CPNS KKP 2017. Pada beberapa hari lalu kita buat iklannya, di situ tertuliskan cumlaude," kata Susi ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

"Yang kita maksud cumlaude itu tidak semua universitas menerapkan cumlaude, jadi sebetulnya yang dimaksud, kita mencari dan ingin menjaring lulusan-lulusan 5 terbaik dari setiap jurusan, baik universitas maupun akademi," jelasnya lagi.

Dia mengungkapkan, pelamar yang mendaftar di KPP haruslah menyertakan bukti dari universitas bahwa dirinya merupakan lulusan terbaik. Selain itu, pihaknya juga bisa akan mengecek kebenaran status 5 lulusan terbaik lewat universitas bersangkutan.

Sementara untuk pelamar umum yang mensyaratkan 5 lulusan terbaik, sambungnya, KKP juga membuka formasi CPNS khusus untuk pelamar dari Papua dan Papua Barat, serta disabilitas.

"Kita dapatkan datanya dari yudisium setiap fakultas dan perguruan tinggi. Jadi intinya itu. Kita mau menjaring 5 terbaik per jurusan. Bukan hanya cumlaude saja. Kalau disabilitas dan putra-putri Papua itu ada," ujar Susi. (idr/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed