Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 18:01 WIB

Ini Alasan Susi Hanya Terima CPNS untuk 5 Lulusan Terbaik

Muhammad Idris - detikFinance
Ini Alasan Susi Hanya Terima CPNS untuk 5 Lulusan Terbaik Foto: Agus Siswanto/detikcom
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun ini membuka penerimaan untuk 329 formasi CPNS. Syaratnya cukup ketat, yakni harus lulusan terbaik di setiap jurusan.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, beralasan syarat lulusan terbaik tersebut diterapkan untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) di kementeriannya, sehingga diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan.

"Harapan KPP dengan masuknya SDM unggul ini, akan memperbaiki kualitas layanan dan kecepatan daripada pembangunan dan tanggung jawab yang dipikul," kata Susi ditemui di kantor KKP, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Soal pencantuman syarat cumlaude di pengumuman CPNS 2017 KKP itu, kata Susi, untuk membatasi hanya pelamar terbaik saja yang masuk ke kementerian yang dipimpinnya.

"Kita memang hanya ingin batasi yang unggul-unggul dulu. Kita jatahnya kan terbatas, cuma sekitar 300, kita mau dapat yang terbaik dulu," terangnya.

Dia menjelaskan, kualifikasi cumlaude tersebut bermakna 5 lulusan terbaik setiap jurusan. Pihaknya tak mempermasalahkan IPK (indeks prestasi kumulatif).

"Tidak ada IPK, enggak dibatasi. Kalau kita pakai IPK ada universitas yang IPK rendah, kayak ITB atau UI itu kan IPK tinggi susah. Kita hanya pakai 5 terbaik setiap jurusan," ungkap Susi.

Sementara untuk pelamar umum yang mensyaratkan 5 lulusan terbaik, sambungnya, KKP juga membuka formasi CPNS khusus untuk pelamar dari Papua dan Papua Barat, serta disabilitas.

"Kita dapatkan datanya dari yudisium setiap fakultas dan perguruan tinggi. Jadi intinya itu. Kita mau menjaring 5 terbaik per jurusan. Bukan hanya cumlaude saja. Kalau disabilitas dan putra-putri Papua itu ada," ujar Susi. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed