Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 20:05 WIB

Lowongan CPNS di Kantor Susi Ini Boleh Bawa Bedil, Divisi Apa?

Muhammad Idris - detikFinance
Lowongan CPNS di Kantor Susi Ini Boleh Bawa Bedil, Divisi Apa? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun ini membuka penerimaan CPNS sebanyak 329 lowongan. Formasi yang ditawarkan kan beragam, dari awak kapal sampai pengawas laut dari aktivitas kapal pencuri ikan.

Kepala Biro SDM Aparatur KKP, Supranawa Yusuf, mengatakan dari beberapa formasi yang ditawarkan, posisi pengawas perikanan bisa jadi yang paling menantang. Karena kebanyakan akan ditempatkan di daerah terpencil.

"Untuk pengawas perikanan kebanyakan di daerah terpencil, karena dia ditempatkan di stasiun UPT-UPT (unit pelaksana teknis) kita. Itu kan di daerah-daerah perbatasan, daerah rawan illegal fishing," ujar Yusuf ditemui di kantor KKP, Jakarta, Kamis (14/9/2018).

Karena tugasnya mengawasi laut untuk mencegah illegal fishing, lanjutnya, petugas pengawas perikanan juga dibekali dengan senjata api.

"Ya dikasih senjata api, kan buat patroli. Tapi enggak semua, karena harus lewati tes khusus untuk mendapat izin senjata api," ungkap Yusuf.

Menurut dia, meski bertugas di daerah terpencil dan penuh risiko, petugas pengawas mendapat gaji dan tunjangan yang sama degan PNS lain di KKP.

"Gaji dan tunjangan sama saja. Kalau di KKP, tunjangan paling rendah itu Rp 2,9 juta per bulan. Untuk pengawas, kita butuh 34 orang tahun ini," tutur Yusuf.

(idr/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed