Follow detikFinance
Selasa 19 Sep 2017, 16:38 WIB

Setelah Jakarta dan Palembang, Ini Kota yang Minat Bangun LRT

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Setelah Jakarta dan Palembang, Ini Kota yang Minat Bangun LRT Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Penyediaan moda transportasi masal yang bebas macet semakin mendapat perhatian khusus dari berbagai Pemerintah Daerah (Pemda). Moda transportasi seperti Light Rail Transit (LRT) alias kereta ringan bahkan tengah dilirik sejumlah Pemda.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan, usai menghadiri rapat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

"Yang pengin investasi (investasi bangun LRT) itu Bandung, saya dengar Surabaya, Makassar dan Medan," tutur dia dalam kesempatan tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut, Luhut mengaku akan mengundang para Pemda yang berminat membangun LRT untuk datang ke Jakarta. Menurutnya, para Pemda tersebut bisa belajar dari pengerjaan proyek LRT yang saat ini tengah berjalan di ibu kota.

"Kami minggu-minggu depan mau mengundang Pemda Bandung, Surabaya. Kami undang yang mau bikin LRT supaya belajar atau lesson and learn dari yang sudah kami kerjakan. Jangan mengulangi kesalahan yang pernah dibuat di sini," jelas dia.

Untuk pembangunan LRT, Pemda-Pemda bisa belajar dari Jakarta yang saat ini telah menemukan formula regulasi agar bisa menarik minat swasta dalam pendanaan proyek sehingga mengurangi beban penggunaan APBN atau APBD.

"Ya bisa saja nanti kalau begini private sector masuk, kita kan sudah punya formula bagaimana bebannya bisa kita kurangi banyak. Dan bagaimana swasta sebanyak mungkin masuk," tandasnya.

Seperti diketahui, sat ini ada 3 proyek LRT yang tengah berjalan bersamaan. Pertama adalah LRT Jabodebek, lalu LRT Jakarta dan LRT Palembang. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed