Follow detikFinance
Kamis 21 Sep 2017, 15:44 WIB

Kementerian Keuangan Beberkan Pentingnya Bea Masuk

Hendra Kusuma - detikFinance
Kementerian Keuangan Beberkan Pentingnya Bea Masuk Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Kementerian Keuangan melalui akun facebooknya kembali mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan pentingnya bea masuk yang diterapkan pemerintah.

Dalam video yang berdurasi 53 detik ini, juga menjelaskan pentingnya ada pungutan bea masuk hingga dampak buruk jika kebijakan tersebut tidak diterapkan oleh Indonesia.

Melansir laman facebook Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (21/9/2017. Video ini juga sekaligus sosialisasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi belum lama ini telah diperdebatkan banyak masyarakat terkait dengan batasan nilai barang yang dibawa penumpang dari luar negeri.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188 Tahun 2010, batasan untuk orang pribadi sebesar US$ 250 dan untuk keluarga yang terhitung untuk 4 orang sebesar US$ 1.000.

Berikut isi video tentang penjelasan kenapa pemerintah mengenakan bea masuk.

Pentingkah Bea Masuk ?

Bea masuk adalah pungutan yang diatur undang-undang dan dikenakan terhadap barang yang masuk ke daerah kepabeanan Indonesia. Artinya setiap barang impor yang masuk ke Indonesia akan dikenakan pungutan oleh negara. Baik yang menggunakan jasa pengiriman, ataupun yang dibawa sendiri dari luar negeri.

Apa yang terjadi jika kewajiban bea masuk ditiadakan ?

Barang-barang impor akan dengan mudahnya menguasai pasar Indonesia. Kegiatan produksi dalam negeri akan terancam dengan barang-barang impor yang masuk tanpa pengendalian.

Menurunnya produksi dalam negeri menyebabkan lapangan pekerjaan semakin berkurang. Dan angka pengangguran akan bertambah.

Hal ini akan berdampak pada meningkatnya angka kriminalitas. Yang paling jelas potensi penerimaan negara yang diperoleh dari tarif bea masuk akan hilang. Sebuah efek domino yang akan mengancam stabilitas ekonomi negara kita.

Sadarkan Pentingnya Bea Masuk ?

(dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed