Follow detikFinance
Jumat 22 Sep 2017, 14:30 WIB

Ini Dia Panser Baru Pindad yang Siap Hadang Pesawat Tempur

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ini Dia Panser Baru Pindad yang Siap Hadang Pesawat Tempur Foto: Eduardo Simorangkir-detikFinance
Jakarta - PT Pindad (Persero) menghadirkan salah satu produk panser buatannya di gelaran Indonesia Business and Development (IBD) expo di JCC Senayan. Panser Canon seberat 14 ton ini dilengkapi senjata yang bisa menembakkan peluru berkaliber 20 mm.

Kendaraan tempur terbaru milik Pindad itu mejeng di salah satu sudut area pameran IBD Expo di JCC Senayan.

Dengan kubah kanon 20 mm, kendaraan tempur lapis baja yang dibangun dari basis Anoa 2 ini dirancang untuk menahan gempuran serangan dari udara atau pesawat tempur.

Panser CanonPanser Canon Foto: Eduardo Simorangkir-detikFinance

Panser Canon dapat dimuati personel infanteri atau angkatan bersenjata hingga 7 orang di dalamnya, yang terdiri dari 4 pasukan yang keluar masuknya dilakukan lewat pintu belakang dan 3 kru panser yang terdiri dari pengemudi dan dua personel operator pada kubah.

Sistem operasi pada kubah diawaki oleh dua orang yang didukung kapabilitas perangkat penglihatan siang/malam (advanced electro optical sighting) dan pengukur jarak ke sasaran.

Senjata utamanya adalah canon dengan kaliber 20 mm yang menyasar pesawat tempur, dan dilengkapi oleh senapan mesin sedang kaliber 7,62 mm yang beroperasi secara coaxial pada sisi kanan dan kiri bagian atas hatch, juga dengan perisai anti pelurunya.

Engineering Divisi Teknologi Pengembangan Kendaraan Khusus PT Pindad, Martin Ardianto mengatakan, kendaraan ini telah mencapai prototipe 100% dan telah mendapatkan sertifikasi. Pihaknya saat ini tinggal menunggu pesanan dari Kementerian Pertahanan untuk diproduksi massal.

"Rencana ini mau dicoba di Kopasus dulu," katanya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Pengangkutan Panser Canon 20mm sendiri dibawa langsung dari markas Pindad di Bandung selama kurang lebih 6 jam. Selain membawa Panser Canon 20mm, Pindad juga membawa dua kendaraan panser lainnya dengan tipe berbeda. (eds/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed