Follow detikFinance
Jumat 22 Sep 2017, 19:07 WIB

RI Bakal Susul China Punya Pelabuhan 'Robot' Kedua di Asia

Eduardo Simorangkir - detikFinance
RI Bakal Susul China Punya Pelabuhan Robot Kedua di Asia Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Pelindo II akan membangun New Priok Container Terminal (NPCT) 2 dan NPCT 3 menyusul rampungnya NPCT 1 pada Agustus 2016 lalu. Proyek pelabuhan yang menelan dana hingga Rp 14,5 triliun itu ditargetkan rampung pada 2019 mendatang.

Senior Vice President Operation Pelindo II, David Pandapotan Sitorus mengatakan, terminal peti kemas Kalibaru tersebut nantinya bakal beroperasi secara penuh dengan sistem digital secara otomatis (fully automation). Mulai dari kedatangan kapal di pelabuhan hingga pengangkutan kembali.

"Ini akan menjadi terminal pelabuhan pertama di Indonesia yang fully automation. Bahkan untuk kawasan Asia, NPCT 1 dan NPCT 2 menjadi yang kedua menerapkan fully automation setelah pelabuhan di China," katanya saat ditemui dalam gelaran IBD expo di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Menurutnya, saat ini pengoperasoan terminal petikemas dengan sistem fully automation telah diterapkan di Qingdau, China. Namun Indonesia akan mengikuti jejak China pada tahun 2019 mendatang, menyusul rampungnya pelabuhan dengan total investasi belasan triliun rupiah itu.

"Jadi kita nomor dua di Asia dan nomor satu di Indonesia yang sudah menggunakan terminal fully automation," jelasnya.

Seluruh layanan di pelabuhan nantinya akan terintegrasi dan terkoneksi secara digital. Layanan itu tidak hanya melibatkan pengelola pelabuhan semata tetapi juga berbagai stakeholder pengelola lainnya seperti bea cukai.

"Kapal kecil maupun besar tidak boleh lebih dari 24 jam karena sudah ditunggu di pelabuhan-pelabuhan lain. Sehingga kita harus pakai teknologi yang terakhir. Pastinya ini akan lebih cepat, bongkar muat dengan Crane mencari titik-titiknya sudah ada koordinat yang pas. Kalau orang kan masih ada missed," tukasnya. (eds/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed