Follow detikFinance
Minggu 24 Sep 2017, 09:45 WIB

Minggu Pagi, Jokowi Hadiri Jambore Peternak Kambing di Cibubur

Muhammad Idris - detikFinance
Minggu Pagi, Jokowi Hadiri Jambore Peternak Kambing di Cibubur Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini menyambangi Lapangan Bumi Perkemahan Jambore di Cibubur, Jakarta Timur. Kedatangannya tersebut untuk bertemu dengan ribuan peternak kambing dan domba dari sejumlah wilayah di tanah air.

Acara Jambore Nasional 2017 ini digelar oleh Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI). Pada tahun lalu, acara yang sama dilakukan di depan Istana Bogor.

Berdasarkan informasi yang diterima detikFinance, Minggu (24/9/2017), Jokowi sendiri direncanakan akan tiba di lokasi pada pukul 10.00 WIB.

Jambore tersebut berlangsung sejak Jumat (22/9/2017) lalu. Sebagian peternak ini juga membawa kambing dan domba piarannya ke Cibubur. Ada kontes serta pameran kambing dan domba, hingga makan makan daging kambing guling bersama.

Minggu Pagi, Jokowi Hadiri Jambore Peternak Kambing di Cibubur.Minggu Pagi, Jokowi Hadiri Jambore Peternak Kambing di Cibubur. Foto: Muhammad Idris

Beberapa kambing dan domba lokal maupun persilangan luar dipamerkan di Lapangan Buperta. Para peternak ini sudah mulai berdatangan ke Cibubur sejak dua hari lalu. Presiden sendiri dijadwalkan akan menggelar diskusi dengan para peternak lokal, termasuk mendengarkan keluhan-keluhan mereka.

Berdasarkan statistik peternakan dan kesehatan hewan, jumlah ternak domba dan kambing (Doka) di Indonesia mencapai lebih dari 33,5 juta ekor, dengan rincian populasi kambing sebanyak 17.847.197 ekor dan domba sebanyak 15.716.667.

Namun demikian, kontribusi pemenuhan daging dari Doka masih minim. Angka konsumsi daging nasional, yaitu ayam ras 57%, sapi 16%, domba dan kambing masing-masing 2% dan sisanya dari jenis ternak lainnya.

(idr/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed