Follow detikFinance
Senin 25 Sep 2017, 07:01 WIB

Tol Bawen-Salatiga yang Indah Akan Dibuka Jokowi Hari Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tol Bawen-Salatiga yang Indah Akan Dibuka Jokowi Hari Ini Foto: Pool/Dok. Jasa Marga
Jakarta - Jalan tol Bawen-Salatiga yang telah rampung pengerjaannya sejak Juli 2017 lalu, akhirnya bakal dibuka atau dioperasionalkan secara resmi hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan langsung operasional jalan tol yang terkenal dengan keindahan gerbang tol berlatar Gunung Merbabu ini.

"Iya, direncanakan jam 14.30 WIB," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Ali Zainal Abidin, saat dihubungi di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Jalan tol yang merupakan bagian dari ruas Semarang-Solo ini sebelumnya sempat beberapa kali tertunda pengoperasiannya. Awalnya, jalan tol ini bakal dibuka pada akhir Agustus lalu menyusul telah rampungnya sertifikat uji kelaikan jalan. Namun ternyata, masih ada kendala pada uji kelaikan jembatan yang membentang di atas Rawa Pening.

Tol Bawen-Salatiga yang Indah Akan Dibuka Jokowi Hari IniFoto: Pool/Dok. Jasa Marga


Pengoperasian kemudian dijadwalkan bisa dilaksanakan pada minggu pertama September lalu, dengan asumsi sertifikat laik operasi jalan akan terbit pada akhir Agustus. Namun ternyata uji kelaikan pada jembatan Tuntang masih belum selesai pengerjaannya.


Jalan tol dengan panjang 17,6 kilometer (km) ini akhirnya dioperasionalkan pada 15 September 2017 lalu, namun masih dibuka secara gratis hanya untuk kendaraan golongan I.

"Akan dioperasikan tanpa tarif sampai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang pemberlakuan tarif di ruas tersebut," bunyi keterangan yang dikeluarkan oleh operator tol, PT Jasa Marga Tbk.

Dan hari ini jalan tol yang dimiliki Trans Marga Jateng, yang merupakan konsorsium dari Jasa Marga, Astra Infra, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah ini, akhirnya bakal dibuka publik serta sudah memiliki tarif.

Pengoperasian seksi III ruas Bawen-Salatiga melengkapi pengoperasian seksi I ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 km, yang telah dibuka sejak November 2011, dan seksi II ruas Ungaran-Bawen sepanjang 11,99 km pada April 2014.

Saat ini PT Trans Marga Jateng sedang menyelesaikan pembangunan konstruksi Ruas Salatiga-Kartosuro sepanjang 32,20 km, sehingga nantinya total panjang Jalan Tol Semarang-Solo akan menjadi 72,64 km. (eds/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed