Follow detikFinance
Selasa 26 Sep 2017, 11:38 WIB

Tak Cuma PNS, BUMN Ini Juga Buka Lowongan Kerja

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tak Cuma PNS, BUMN Ini Juga Buka Lowongan Kerja Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang selalu dikejar oleh banyak orang, meskipun jumlah pelamar yang akan diterima juga tak banyak. Jumlah pelamar CPNS gelombang dua tahun 2017 sudah tembus lebih dari 1 juta orang hingga ditutup pada 25 September kemarin.

Namun, di saat yang bersamaan saat ini sejumlah perusahaan milik negara juga membuka berbagai lowongan pekerjaan. Lowongan tersebut mulai dibuka ke publik bersamaan dengan gelaran Indonesia Business Development (IBD) Expo yang dilangsungkan di JCC Senayan, Jakarta pada 21 September 2017 lalu.

Berbagai posisi ditawarkan oleh 22 perusahaan pelat merah yang membuka kesempatan kepada para pencari kerja. Sejumlah BUMN besar yang hadir di antaranya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), PT Telkom (Persero) Tbk dan Perum AirNav Indonesia (Persero).

Adapula PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Balai Pustaka (Persero), Perum Percetakan Negara (Persero), Perum Bulog (Persero), PT Dahana (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), Perum Produksi Film Negara (Persero), PT Kimia Farma (Persero) Tbk, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero).

Pelamar kerja BUMN bisa mengajukan lamaran kerja secara online maupun offline saat acara pameran atau BUMN carreer opportunity berlangsung. Pendaftaran juga bisa dilakukan lewat internet yakni di website masing-masing perusahaan.

Dengan beragamnya posisi yang ditawarkan oleh ke-22 BUMN tersebut, berbagai latar belakang akademis pun bisa ikut mencoba peruntungannya bekerja di perusahaan milik negara itu.

Sebut saja PT Telkom yang membuka lowongan bagi jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Statistika, Desain Komunikasi Visual, hingga jurusan Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Komunikasi, Hukum, dan Psikologi.

Termasuk kepada BUMN konstruksi PT Wijaya Karya yang membuka lowongan kerja untuk posisi Management Trainee (MT) untuk jurusan Akuntansi dan Teknik Sipil.

Syaratnya pun beragam, mulai dari usia yang dibatasi pada tingkat akademis tertentu, besaran IPK minimal hingga kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan yang disertakan sertifikat.

Namun memang persaingan mencari pekerjaan juga akan cukup ketat sama seperti CPNS. Jumlah pelamar khusus pada acara IBD Expo kemarin saja sudah mencapai lebih dari 20 ribu pelamar. Sedangkan yang diterima untuk satu perusahaan saja tidak banyak. Khusus untuk Telkom misalnya, per Oktober 2017 hanya akan merekrut 510 orang.

Pendaftaran lowongan kerja sendiri saat ini masih ada yang dibuka dan dapat dilihat di situs resmi masing-masing perusahaan. Misalnya untuk lowongan di Bank BTN, pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 30 September 2017.

Berikut beberapa lowongan di antaranya:

1. PT Dahana (Persero) membuka lowongan Managament Trainee (MT) dan Professional Legal (Legal). Dicari dari jurusan psikologi, sarjana teknik pertambangan, teknik kimia, teknik sipil, manajemen keuangan, teknik elektro, bisnis logistik, hingga hukum bisnis atau hukum sipil.

2. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk membuka lowongan kerja untuk posisi Management Trainee (MT) untuk jurusan Akuntansi dan Teknik Sipil.

3. Telkom membuka lowongan kerja untuk posisi sebagai Great People Trainee Program (GPTP) VII 2018 untuk berbagai jurusan. Mulai dari jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Statistika, Desain Komunikasi Visual, Administrasi Bisnis/Niaga, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Komunikasi, Hukum, dan Psikologi.

4. BNI dan Bank Mandiri membuka lowongan untuk program Officer Development Program (ODP).

5. AirNav Indonesia membuka lowongan kerja untuk posisi Junior Manager Desain Fasilitas Gedung dan Keamanan. persyaratan khusus dari AirNav ialah pelamar memiliki pengalaman kerja di bidang teknik sipil atau arsitektur minimal 10 tahun. Selain itu pelamar juga harus memiliki pengalaman di bidang perencanaan, desain dan konstruksi, serta keamanan di bandara atau fasilitas navigasi.

6. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA, Diploma 3, S1, dan S2. Beberapa posisi yang ditawarkan di antaranya Specialist Coaching untuk pria dan wanita dengan pendidikan minimal S2 Psikologi, Dokter Umum, Administrasi, Kondektur, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Pemeliharaan Sinyal, Telekomunikasi, dan Listrik (Sintelis), Teknik Jalan Rel dan Jembatan hingga Petugas Wesel dan Langsir.

7. Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) membuka lowongan kerja dengan kualifikasi pendidikan Diploma (D3) dan Sarjana (S1) untuk berbagai jurusan pendidikan di antaranya akuntansi, teknologi informasi, desain grafis, sampai teknik mesin.

8. PT Asuransi Jasa Indonesia membuka lowongan untuk posisi Management Trainee (MT).

9. PTPP membuka lowongan pekerjaan dengan pendidikan minimal D3 dan S1 dengan jurusan Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Akuntansi. (eds/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed