Follow detikFinance
Selasa 26 Sep 2017, 19:56 WIB

Tak Darurat Lagi, Tol Semarang-Solo Bisa untuk Mudik 2018

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tak Darurat Lagi, Tol Semarang-Solo Bisa untuk Mudik 2018 Foto: Dok. Jasa Marga.
Jakarta - Pembangunan ruas Jalan Tol Salatiga-Kartasura ditarget rampung sebelum Lebaran tahun depan. Saat ini, ruas tol yang termasuk ke dalam Jalan Tol Semarang-Solo Seksi IV dan V ini telah memasuki 98,8% dalam tahap pengadaan lahan, dan 27,26% dari segi pembangunan konstruksi.

"Kini pengerjaan tengah fokus terhadap pengolahan tanah dan infrastrukturnya seperti drainase, irigasi, juga underpass," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi seperti dikutip Selasa (26/9/2017).

Basuki berharap, pembangunan ruas Jalan Tol Salatiga-Kartasura bisa dirampungkan sebelum Lebaran tahun 2018 sehingga tidak lagi dijadikan sebagai jalur mudik darurat. Ia juga optimis bahwa jalur tol Trans Jawa akan selesai pada akhir tahun 2018.

"Saya ingin, mudah-mudahan mudik Lebaran jalan tol ini sudah sampai Solo. Secara fungsional, jadi bukan darurat lagi. Targetnya Trans Jawa pada tahun 2018 sudah operasional semua," tuturnya.

Dengan rampungnya seksi IV dan V tersebut, maka Jalan Tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 km pun bisa ditempuh secara penuh. Waktu tempuh perjalanan dari Semarang ke Solo pun nantinya hanya membutuhkan 1,5 jam saja.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya David Wijayatno bilang, pekerjaan fisik saat ini terus dikebut agar memenuhi target yang telah ditetapkan. Untuk itu, pihaknya menerapkan sistem kerja tiga shift dalam sehari atau non stop 24 jam.

"Targetnya harus operasional tahun depan, jadi konstruksi harus beres tahun ini," terang David. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed