Jurus Jokowi Supaya Produk Kerajinan RI Bisa Kuasai Dunia

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 27 Sep 2017 12:29 WIB
Foto: Bagus/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi produk kerajinan paling besar dibandingkan negara-negara lain.

Mantan Wali Kota Solo ini menyebut Indonesia punya 714 suku dengan budaya yang berbeda-beda, serta didukung oleh alam yang indah dan menyediakan banyak bahan baku pembuatan produk kerajinan.

"Supaya potensi besar industri kerajinan Indonesia benar-benar bisa melompat, supaya para UKM bidang kerajinan benar-benar bisa maju usahanya, saya perlu ingatkan adanya modernisasi industri kerajinan," kata Jokowi saat membuka sekaligus meresmikan Pameran Kriyanusa 2017 di JCC, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Modernisasi yang dimaksud, kata Jokowi, dilakukan secara menyeluruh mulai dari hulu hingga hilir. Di mana, mulai dari mendapatkan bahan baku, pengolahan, pembuatan produk jadi, kemasan, hingga pemasaran.

"Untuk itu saya minta para perajin, UKM, jangan jalan sendiri-sendiri, harus bekerja sama, harus bareng-bareng, harus membangun kelompok besar pengrajin, harus konsolidasi supaya skala ekonominya bisa besar," tambah dia.

Lanjut Jokowi, kerja secara bersama-sama menjadi hal yang penting apalagi jika produk yang dijual memiliki kesamaan dengan para pengrajin lainnya. Jika sudah bekerja secara bersama-saman maka biaya produksi pun semakin lebih efisien.

"Untuk anak muda wirausaha kriya yang ada di kota-kota, sebaiknya sudah kenal istilah co sharing office, kantor untuk sharing, kantor bersama, coba dilihat ini bisa enggak diterapkan, harusnya bisa agar beban sewa tempat produksi tidak terlalu tinggi, mahal kalau diangkat biaya cost secara bersama," paparnya.

Jokowi juga mengingatkan perlunya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk kerajinan.

"Urusan pemasaran juga perlu saya ingatkan supaya media digital, media sosial digunakan semaksimal mungkin, coba bareng-bareng kita sewa fotografer, yang bagus untuk membuat foto produk yang ada, dengan gaya yang cocok di instagram, karena itu media sosial isinya gambar semua. Jadi kita harus kreatif," tukas dia.

Mengingat Tugas ke Daerah Lewat Kerajinan

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga membagi cerita soal produk kerajinan yang bisa memunculkan kembali kenangan-kenangan lama.

"Saya sangat senang sekali suka hasil kerajinan negara kita, saya suka memajang sambil mengingat-ingat perjalanan saya ke daerah-daerah, dan kerajinan itu menjadi sumber kenanang," kata Jokowi.

Pria yang mengenakan pakaian adat Batak, Sumatera Utara ini menyebutkan bahwa produk kerajinan Indonesia sudah dikenal oleh mancanegara.

"Para pengrajin kriya itu berhasil meramu negara kita Indonesia, sehingga orang-orang, wisatawan, sehingga pembeli dari luar, baik wisatawan maupun buyers dapat memiliki sebuah karya yang mewakili keindahan negara kita Indonesia," jelas Jokowi.

Dia menyebutkan, potensi kerajinan di Indoensia sangat besar, Indonesia memiliki 714 suku dengan budaya yang berbeda-beda, belum lagi alam Indonesia begitu indah dan menyediakan banyak bahan baku untuk produk kerajinan.

"Itu semua sumber inspirasi untuk produk kerajinan, dan itulah keunggulan kita, kerajinan internasional saja suka mengambil inspirasi di Indonesia, berarti kita yang hidup di Indonesia, budaya-budaya di Indonesia harus lebih terinspirasi dari itu," tukas dia. (ang/ang)