Follow detikFinance
Jumat 29 Sep 2017, 12:08 WIB

Luhut Ingin Bandara Kertajati Segera Tersambung Tol Cipali

Muhammad Idris - detikFinance
Luhut Ingin Bandara Kertajati Segera Tersambung Tol Cipali Foto: Sudirman Wamad/detikcom
Jakarta - Penentuan akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, disepakati tersambung langsung tol Cipali. Sebelumnya, akses langsung ke jalan tol langsung tersebut diperdebatkan lantaran tak disetujui oleh Pemkab Majalengka.

Dirut BUMD PT BIJB (BIJB), Virda Dimas Ekaputra, mengatakan pertemuannya dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan, merumuskan percepatan pembangunan jalan tol dari Cipali ke area bandara.

"Jadi tadi tuh membahas kesepakatan bersama untuk mengakselerasi pembangunan terutama akses tol. Dari exit Cipali-Kertajati sepanjang 3 km aksesnya," kata Virda ditemui di kantor Menko Maritim, Jakarta, Jumat (29/9/2017).


Setelah pembahasan dengan Luhut, lanjut dia, pihaknya akan menyusun program percepatan pembebasan lahan untuk akses jalan tol Cipali ke bandara Kertajati.

"Mereka siap. Cuma sekitar 3 km itu. Senin masih diurus. Konstruksi setelah pembebasan lahan. Akan ada akses dari tol ke bandara yang sudah direncanakan yakni dari Tol Cipali ke Kertajati," jelas Virda.

Menurutnya, konstruksi pembangunan jalan tol ke Cipali ini bisa dimulai tahun depan. Proses pembebasan lahan sendiri akan dilakukan bersamaan dengan proses perizinannya.


"Kira-kira urutannya yang dibutuhkan tadi itu izin lingkungan yang dikeluarkan oleh Kabupaten Majalengka, penentuan lokasi yang dilakukan oleh Gubernur (Jabar), proses pembebasan lahan, dan konstruksi," jelas Virda.

Sementara untuk proses pengadaan lahan jalan tol ke Cipali disiapkan oleh Pemprov Jawa Barat, dengan anggaran Rp 120 miliar untuk pembebasan lahan sepanjang 3,8 km. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed