Follow detikFinance
Minggu 01 Oct 2017, 13:40 WIB

Mengintip Potensi Ekonomi Catalonia yang Ingin Merdeka dari Spanyol

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Mengintip Potensi Ekonomi Catalonia yang Ingin Merdeka dari Spanyol Foto: Dok. Reuters
Jakarta - Puluhan ribu kalangan separatis Catalan melakukan demonstrasi terakhir menjelang referendum mengenai kemerdekaan dari Spanyol. Catalonia akan mengambil langkah pertama menuju sebuah negara yang berdaulat melalui sebuah referendum.

Seperti yang dilansir dari CNBC, Minggu (1/10/2017), Catalonia merupakan sebuah wilayah di bagian timur Spanyol yang terdiri dari empat provinsi di dalamnya, antara lain Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona.

Catalonia merupakan sebuah wilayah industri. Catalonia menyumbang ekonomi terbesar untuk Spanyol dibandingkan dengan daerah lainnya, sebesar 223,6 miliar euro atau US$ 262,96 miliar.

Jumlah penduduk Catalonia pada 2016 mencapai 7,52 juta jiwa, di mana 1,1 juta di antaranya merupakan pendatang. Penduduk di Catalonia didominasi Katolik, Ateis, Agnostic, Islam, Protestan, hingga Budha.

Catalonia juga menjadi wilayah pariwisata yang cukup potensial di Spanyol. Beberapa destinasi favorit tujuan wisatawan, antara lain kota Barcelona, Pantai Costa Brava di Girona, Pantai Costa del Maresme dan Costa del Garraf. Pendapatan yang didapatkan dari sektor pariwisata digunakan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Catalonia.

Beberapa infrastruktur pun lengkap tersedia di Catalonia, yang dioperasikan oleh Aena, BUMN Spanyol 4 bandara dan 2 bandara lainnya dioperasikan Aeroports de Catalunya yang dimiliki pemerintahan Catalonia.

Infrastruktur pelabuhan juga terbangun di Catalonia, tepatnya di Barcelona dengan kapasitas 1,9 juta TEUs. Infrastruktur jalan raya sepanjang 12.000 kilometer (km) juga tersedia memanjang dari perbatasan hingga Valencia. (ara/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed