Follow detikFinance
Minggu 01 Oct 2017, 14:48 WIB

Pusat Investasi, Catalonia Topang 20% Ekonomi Spanyol

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pusat Investasi, Catalonia Topang 20% Ekonomi Spanyol Foto: REUTERS/Jon Nazca
Jakarta - Salah satu wilayah Spanyol mengadakan referendum untuk mendapatkan kemerdekaan Minggu ini dengan fokus pada ekonomi dan dampaknya bagi negara-negara Eropa.

Pemungutan suara yang ditentang keras oleh pemerintah Spanyol, muncul saat negara tersebut bangkit dari hampir satu dekade trauma ekonomi. Catalonia adalah daerah yang paling produktif secara ekonomi.

Seperti yang dilansir CNNMoney, Minggu (1/10/2017), Catalonia menyumbang hampir seperlima dari ekonomi Spanyol, dan memimpin semua wilayah dalam menghasilkan 25% barang ekspor negara tersebut. Ini memberikan kontribusi lebih banyak pada pajak sebesar 21% dari total negara.

Para pendukung kemerdekaan juga memanfaatkan hal tersebut, dengan alasan bahwa menghentikan transfer ke Madrid akan mengubah defisit anggaran Catalonia menjadi surplus.

Catalonia terbukti menarik untuk dijadikan tempat investasi, dengan hampir sepertiga dari semua perusahaan asing di Spanyol memilih ibu kota regional Barcelona sebagai pusat produksi mereka. Volkswagen dan Nissan misalnya, keduanya memiliki pabrik di dekat Barcelona. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed