Follow detikFinance
Minggu 01 Oct 2017, 18:05 WIB

Ini Pengusaha Asal Catalonia yang Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Pengusaha Asal Catalonia yang Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Catalonia mengambil langkah referendum untuk memerdekakan dirinya dari Spanyol. Catalonia merupakan sebuah wilayah di bagian timur Spanyol yang terdiri dari empat provinsi di dalamnya, antara lain Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona.

Catalonia memegang peranan penting dalam perekonomian Spanyol. Beberapa pengusaha kondang juga tercatat berasal dari Catalonia.

Sebut saja Isak Andic yang memiliki kekayaan sebesar US$ 2,8 miliar seperti dikutip dari Forbes, Minggu (1/10/2017). Andic merupakan pemilik dari merek fashion kenamaan Mango yang saat ini memiliki 2.740 gerai di 109 negara.

Andic membuka toko pertamanya di Barcelona, Catalonia di 1984, kemudian menjadikan perusahaannya berkelas internasional dan membuka toko ke 1.000 nya di 2007.

Andic yang berusia 63 tahun dan memiliki 3 anak menduduki peringkat ke 939 dalam daftar orang terkaya versi Forbes tahun 2017.

Pengusaha kedua yang berasal dari Catalonia adalah Manuel Lao Hernandez dengan nilai kekayaan mencapai US$ 2,9 miliar. Manuel yang berusia 73 tahun merupakan pemilik dari Cirsa, casino terbesar di Spanyol yang tepatnya berasal dari Matadepera.

Ia merintis bisnisnya di 1978 dan saat ini Cirsa berhasil mencatatkan pendapatan US$ 1,8 miliar dan juga tersebar di 9 negara di Amerika Latin dan Eropa.

Perusahaan induknya, Nortia Corporation memiliki 372 anak usaha dan mempekerjakan lebih dari 16.000 orang di berbagai sektor. Ketiga anaknya juga bekerja di perusahaan keluarga yang berada di luar Barcelona. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed