Tingkat Kelulusan Tes CPNS Periode 1 Rendah, Ada yang Dapat Nilai 0

Fadhly F Rachman - detikFinance
Senin, 02 Okt 2017 17:17 WIB
Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Pusat data Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan tingkat kelulusan pelamar CPNS tahun 2017 periode satu dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) tergolong rendah.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, mengatakan tingkat kelulusan SKD peserta CPNS di instansi MA berkisar pada angka 14% dari total 19.278 peserta.

"Dari total peserta tersebut hanya 2.545 peserta yang memenuhi passing grade," kata Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Sementara itu, tambah Ridwan, hasil SKD untuk formasi D3/SMA di instansi Kemenkumham lebih rendah, yakni hanya mencapai 7,16%.

"Dari total peserta SKD 267.692 hanya 19.166 peserta saja yang memenuhi passing grade," tambahnya.

Bahkan, dirinya menyatakan ada peserta yang tidak mendapatkan skor sama sekali pada SKD tersebut. Nilai yang diraih peserta itu adalah 0. Artinya ada peserta yang tidak menjawab soal sama sekali.

Menurut Ridwan hal ini harusnya menjadi perhatian bagi calon peserta SKD periode kedua yang direncanakan akan berlangsung pada Oktober 2017 ini.

Sementara itu untuk seleksi CPNS periode kedua, sebanyak 30 Kementerian/Lembaga sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi pada 30 September 2017. Rincian informasi kelulusan seleksi administrasi ketiga puluh instansi tersebut dapat diakses pada website masing-masing instansi. (dna/dna)