Urus Administrasi di KemenPAN-RB Lewat Online, Begini Caranya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 04 Okt 2017 12:19 WIB
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Guna mewujudkan keadaan birokrasi yang efektif dan efisien, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-rB) meluncurkan penerapan e-Goverment atau sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Menteri PAN-RB, Asman Abnur, menjelaskan penerapan e-Goverment penting dilakukan untuk bisa mempermudah kegiatan pelaksanaan pemerintah. Berbagai kegiatan dengan menggunakan e-Goverment akan jauh lebih mudah dan efisien, tidak perlu repot secara manual.

"Contohnya, saya pernah ke daerah terus Pemda di sana cerita, mereka jauh-jauh ke Jakarta untuk mengantarkan formasi CPNS. Yang agak merepotkan lagi, begitu pulang kita harus cap SPPD-nya. Saya pikir ini akan jadi efisiensi yang luar biasa kalau mengubahnya dengan e-Government. Jadi kita bangun satu command center yang himpun data. Jadi setiap saat yang mau mengajukan CPNS manapun bisa melalui elektronik di e-Formasi," jelas Asman di Kementerian PAN-RB, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Untuk mengakses layanan e-Government, dapat langsung masuk ke situs Kementerian PAB-RB menpan.go.id. Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji, menjelaskan terdapat 8 program aplikasi yang dijalankan dalam e-Goverment ini. Antara lain e-Office, e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-Performance, DC dan DRC, SIJAPTI.

e-Office adalah sebuah sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian, serta layanan penugasan dan tata usaha. SMART merupakan kependekan dari Sigap, Melayani, Amanah, Ramah dan Teliti.

"Dengan sistem ini, semua layanan administrasi dapat dilakukan melalui satu pintu," kata Atmaji.

Kemudian e-Office yakni fungsi checker, maker dan signer. Di mana bisa mendapat approval di mana saja, kemudahan akses dari berbagai tempat dan perangkat, statistik kehadiran pegawai dan tamu, reservasi ruang rapat dilakukan secara elektronik, dan slap diintegrasikan dengan aplikasi e-Office nasional.

Berikutnya e-Salam yakni aplikasi layanan Kementerian PANRB berbasis web dan terintegrasi. Fungsinya, untuk memberikan informasi yang lebih cepat, tepat dan akurat kepada seluruh stakeholders mengenai perkembangan proses berbagai layanan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Dengan pelayanan yang transparan, cepat dan akuntabel berbasis elektronik ini, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan stakeholders terhadap layanan yang diberikan Kementerian PANRB.

Layanan e-Salam meliputi penetapan tunjangan kinerja, penataan kelembagaan, persetujuan hari dan jam kerja, izin prinsip pakaian dinas, penetapan tunjangan fungsional, penetapan kelasjabatan, penetapan hak keuangan pimpinan/anggota LNS, penetapan tunjangan jabatan fungsional, dan nara sumber sosialisasi.

Aplikasi e-Karpeg, adalah kartu identitas multifungsi. Selain berfungsi sebagai kartu identitas pegawai, e-Karpeg pun dapat digunakan untuk akses ruangan kerja, ATM serta dilengkapl fasilitas uang elektronik.

Sedangkan e-Data merupakan inovasi untuk mengintegrasikan data pegawal Kementerian PANRB dengan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta data Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen).

"e-Data menjadikan dinamika data pegawai langsung terekam secara real time. Menjelang masa purna bhakti, semuanya sudah disiapkan sehingga pegawai tidak lagi kebingungan dalam mengurus pensiunnya," tukas Atmaji. (hns/hns)