Follow detikFinance
Kamis 05 Oct 2017, 13:22 WIB

Hore, Sabtu Depan KRL ke Cikarang Resmi Operasi

Muhammad Idris - detikFinance
Hore, Sabtu Depan KRL ke Cikarang Resmi Operasi Foto: Pool/Daop I KAI
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan operasional kereta komuter atau KRL rute Cikarang-Jakarta Kota mulai resmi beroperasi pada Sabtu depan (7/10/2017). Pengoperasian dilakukan setelah adanya kesiapan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"(Kereta) komuter (dari Cikarang) betul (beroperasi). Insya Allah Sabtu diresmikan. Jadi kemarin sempat beberapa kali tertunda," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kemenhub, Bambang Prihartono ditemui di kantornya, Kamis (5/10/2017).

Diungkapkannya, selain peresmian operasional KRL dari Cikarang, pihaknya juga menyiapkan angkutan umum untuk memudahkan penumpang dari kantong-kantong pemukiman ke stasiun.

"Kami siapkan feeder, kami koordinasi dengan operator angkutan umum dari permukiman ke stasiun untuk disiapkan. Kami enggak hanya bicara keretanya, tapi juga bicara moda darat ke stasiun kereta apinya," ujar Bambang.

Seperti diketahui, operasional KRL dari Stasiun Cikarang sempat tertunda beberapa kali. Kereta komuter hingga Stasiun Cikarang sebelumnya ditargetkan beroperasi pada September lalu, namun kemudian ditunda lantaran belum adanya kesiapan infrastrukturnya.

Waktu tempuh Stasiun Jakarta Kota-Cikarang hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit. Stasiun yang akan dilewatinya antara lain Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gondangdia, Cikini, dan Manggarai.

Kemudian dari Manggarai berlanjut ke Stasiun Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, Bekasi, Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung sebelum mentok di Stasiun Cikarang. (idr/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed