Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Okt 2017 13:55 WIB

Dapat Utang Rp 24 M, Proyek Bendungan Jragung Masuk Tahap Desain

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ray Jordan Foto: Ray Jordan
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) tengah mempersiapkan pembangunan Bendungan Jragung di Semarang. Persiapan pembangunan Bendungan Jragung masih dalam tahap pembuatan desain.

Kepala Pusat Bendungan Ditjen SDA, Ni Made Sumiarsih, mengatakan pihaknya mendapatkan pinjaman kepada Asian Development Bank (ADB) sebesar hampir Rp 24 miliar untuk melakukan pembuatan desain Bendungan Jragung. PT Indra karya (Persero) yang akan melakukan pembuatan desain tersebut.

"Jadi kita sudah tandatangani bersama PT Indra Karya untuk detil desain Bendungan Jragung," kata Made di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Made mengatakan pembuatan desain dilakukan Oktober ini. Hal itu dilakukan agar tahap konstruksi bisa segera dimulai pada awal 2019.

"Jadi sekarang bikin detil desain dulu, sehingga kalau lihat jadwalnya kan 18 bulan ya, mulai Oktober sekarang. Sehingga nanti kita mempercepat pelaksanaan Jragung awal 2019," jelasnya.

NBendungan Jragung ini bermanfaat sebagai sumber air baku, pengendali banjir, dan pembangkit listrik dengan kapasitas terpasang 2x1,245 MW.

"Nantinya, Bendungan Jragung ini akan untuk multipurpose, seperti irigasi, energi listrik, dan lainnya. Tapi sekarang ini baru tahap desain. Karena desainnya harus tahu dulu, di mana daerah tapak bendungannya, luasnya berapa, dan lain-lain, baru kita tahu bagaimana konstruksinya," jelas dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com