Follow detikFinance
Jumat 06 Oct 2017, 17:29 WIB

Ini Tips Sri Mulyani Untuk Anak Muda yang Butuh Modal Usaha

Hendra Kusuma - detikFinance
Ini Tips Sri Mulyani Untuk Anak Muda yang Butuh Modal Usaha Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pesan kepada para anak muda yang memiliki ide kreatif dan pantas untuk dikembangkan serta memberikan kontribusi terhadap perekonomian.

Menurut Sri Mulyani, bagi para generasi muda jangan lelah untuk menciptakan ide-ide kreatif dalam industri. Dia mencontohkan seperti Nadiem pemilik platform Gojek yang awalnya tidak menyangka bahwa idenya ini berhubungan dengan banyak sektor.

"So you do it, bagaimana bridge-nya untuk menjadi kalau anda mem-produce sesuatu, kaya si Nadiem ini lho, waktu dengan bikin platform Gojek, eh enggak taunya berhubungan dengan segala macam, jadi kalau punya ide lakukan saja sekarang," kata Sri Mulyani dalam acara Ideafest 2017 di JCC, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Dengan ide kreatif yang dikembangkan menjadi suatu industri atau institusi formal, maka pada saat itu akan memberikan manfaat kepada masyarakat, salah satunya mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Namun, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta kepada pemilik ide kreatif agar menjaga tingkah lakunya.

"Kan seperti anda memiliki respect, dan orang yang kerja sama anda juga harus di-respect juga dong, jangan karena merasa saya kreatif, maka harus respect dengan saya, itu attitude yang enggak benar juga," ungkap dia.

Lanjut Sri Mulyani, saling menghargai dan bertanggung jawab sangat dibutuhkan bagi para pelaku industri kreatif yang baru, sebab untuk menjalankan usahanya masih berhubungan langsung dengan masyarakat.

Oleh karenanya, bagi para generasi muda dipersilahkan untuk menciptakan banyak ide usaha yang kreatif. Setelah ide itu terwujud maka diperlukan juga tata cara pengelolaan yang baik.

Tata cara pengelolaan yang baik, juga akan mempengaruhi suatu usaha yang baru dirintis untuk mendapatkan modal.

"Waktu meminjam uang orang saat mencari modal, butuh modal itukan anda meminjam uang ke orang, makanya anda harus punya tata kelola yang baik, jangan menjamin bahwa anda itu untung terus, karena orang yang kasih pinjaman itu tahu kalau anda punya risikonya, tapi anda kemudian seenaknya sendiri, itu karakter yang membedakan pengusaha sukses atau tidak itu pada saat itu, apakah anda waktu meminjam itu anda menunjukan responsibility," tukas dia. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed