Follow detikFinance
Jumat 06 Oct 2017, 20:16 WIB

Tak Lolos Passing Grade, CPNS Akan Diperingkat dari Nilai Tertinggi

Fadhly F Rachman - detikFinance
Tak Lolos Passing Grade, CPNS Akan Diperingkat dari Nilai Tertinggi Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Tingkat kelulusan CPNS pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sangat rendah. Untuk memenuhi formasi yang kosong, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengubah standar kelulusan melalui sistem pemeringkatan.

Kepala BKN, Bima Haria Wibasana, mengatakan bila pada tes CPNS gelombang kedua nanti berkasus seperti gelombang pertama, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sistem pemeringkatan untuk peserta yang tidak lolos passing grade.

"Bagaimana nanti hasilnya kita lihat kalau kejadian Kemenkumham ini terulang lagi, ya mungkin Panselnas akan mengambil kebijakan yang sama untuk agar formasi ini terpenuhi untuk mengikuti SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)," jelasnya di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Walau demikian, Bima menjelaskan, tidak ada perubahan nilai passing grade kelulusan. Selain itu, pihaknya juga tidak akan mengubah persyaratan kelulusan pada gelombang kedua. Persyaratan seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) hingga akreditasi universitas akan tetap dijadikan acuan untuk kelulusan.

"Ini sekarang saja sudah banyak permintaan untuk apakah boleh mengurangi persyaratan. Jadi teman-teman Agraria dan tata ruang misalnya, 'Pak yang masuk dalam seleksi administrasi kita sangat kecil, Bolehkah kita mengurangi IPK nya?' kita bilang tidak boleh. Jadi kan itu sudahlah konsisten saja untuk itu," kata Bima.

"Di BKN misalnya yang 30 kosong itu kan akreditasi PTS A. Wah kok A yah? Ternyata enggak ada yang daftar. boleh nggak saya mengubah? Ya nggak boleh. Jadi memang ada persyaratan-persyaratan yang enggak boleh diubah karena orang mendaftar dengan itu," tutup dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed