Follow detikFinance
Jumat 06 Oct 2017, 22:07 WIB

Warga Tidak Mampu di Kota Semarang akan Dibebaskan Pajak

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Warga Tidak Mampu di Kota Semarang akan Dibebaskan Pajak Foto: Dok Pemkot Semarang
Semarang - Warga tidak mampu di Kota Semarang akan dibebaskan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada tahun 2018. Syaratnya yaitu aset bumi dan bangunannya memiliki Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di bawah Rp 130 juta.

Rencana itu diungkapkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Menurutnya hal itu dilakukan dengan tujuan mengurangi kesenjangan antara si kaya dan si miskin di Ibu Kota Jawa Tengah.

"Pertimbangannya kalau NJOP nya kecil pasti rumahnya kecil, atau kalau tidak letaknya di pinggir kota atau tidak strategis yang notabene rumah seperti itu dimiliki oleh warga yang tidak mampu," kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu, Jumat (6/10/2017).

Indeks Gini atau indikator ketimpangan perlu dilakukan agar bisa memeratakan kesejahteraan. Strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan subsidi silang.

"Hal ini menjadi bagian dari upaya kami untuk memperkecil Indeks Gini di Kota Semarang. Buat apa kotanya maju tetapi yang sejahtera itu-itu saja, dan yang miskin makin miskin. Untuk itu harus disiasati melalui strategi subsidi silang seperti ini agar seluruh pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat secara merata," terangnya.

Hendi juga menjelaskan pendapatan daerah kota Semarang melalui PBB meningkat drastis dari tahun kemarin. Tercatat pada tahun 2016 ditargetkan Rp 241,87 miliar dari PBB, sedangkan tahun 2017 ini target meningkat menjadi Rp 330 milyar. Sedangkan realisasinya, hingga Agustus 2017 sudah mencapai Rp 310 milyar.

"Kita harus berkomitmen ke depan pembangunan Kota Semarang akan lebih ngegas lagi dan membangun Kota Semarang lebih baik lagi," pungkasnya.

Untuk mengapresiasi para wajib pajak, dilakukan pengundian hadiah dan pemberian penghargaan kepada wajib pajak. Pengundian digelar di halaman Balai Kota Semarang dengan bermacam hadiah seperti motor, televisi, mesin cuci, dan grand prize rumah di BSB. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed