Follow detikFinance
Sabtu 07 Oct 2017, 15:17 WIB

Resmi Operasi, KRL dari Jakarta Melaju Sampai Cikarang

Muhammad Idris - detikFinance
Resmi Operasi, KRL dari Jakarta Melaju Sampai Cikarang Foto: Muhammad Idris
Bekasi - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, hari ini meresmikan beroperasinya kereta rel listrik (KRL) lintas Bekasi-Cikarang. Pengoperasian lintasan kereta komuter ke Cikarang sempat beberapa kali tertunda.

Sementara untuk operasinya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Oktober 2017 akan mengoperasikan KRL hingga Stasiun Cikarang di Kabupaten Bekasi, mulai Minggu (8/10/2017) atau sehari pasca diresmikan.

"Saya resmikan pengoperasian KRL lintas Bekasi-Cikarang dan Stasiun Bekasi Timur. Kalau kita bcara kereta api, kita bicara transportasi masal. Elektrifikasi ini berikan keuntungan bagi masyarakat yang tinggal di Cikarang," kata Budi di Stasiun Bekasi Timur, Bekasi, Minggu (7/10/2017).

Diungkapkannya, pengoperasian KRL rute Jakarta Kota sampai Cikarang ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan dari Bekasi ke Jakarta.

"Di Jakarta ini kalau semua (penumpang) kereta api, kalau double-double track tercipta, maka ada 1,5 juta manusia yang terlayani. Satu upaya yang konsisten dilakukan, nanti juga ada LRT, jadi tahun 2019-2020 kemacetan bisa berkurang," ucap Budi.

[Gambas:Video 20detik]

Sebagai informasi, akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan PP yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakartakota. Guna mendukung operasi KRL hingga Cikarang, pemerintah telah membangun dua stasiun baru, yaitu Bekasi Tmur dan Cibitung.

Sementara Stasiun Cikarang tengah dilakukan proses revitalisasi, dan Stasiun Tambun segera menyusul. KRL pertama dari Cikarang menuju ke Jakarta kota mulai beroperasi pukul 04.45 WIB. Sementara kereta terakhir dari Cikarang dijadwalkan berangkat pukul 19.32 untuk tujuan Jakarta Kota, dan berangkat pukul 20.52 untuk tujuan Bekasi.

Pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 22.15 untuk tujuan Jakarta Kota. Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang dijadwalkan pukul 05.41 WIB. Sementara kereta terakhir dari Jakarta Kota tujuan Cikarang tersedia pada pukul 17.46. Pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 18.43 untuk tujuan Cikarang.

Dengan jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 km, maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp 5.000. Dengan waktu tempuh untuk Cikarang-Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit, sementara untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 km adalah sekitar 20 menit.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai Minggu (8/10/2017) mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan PP yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota. Pengoperasian KRL ini merupakan upaya KCI untuk memperluas jangkauan KRL sejalan dengan target PT KCJ melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed