Follow detikFinance
Sabtu 07 Oct 2017, 18:47 WIB

Kagumnya Jokowi Lihat Proyek Bendungan Ke-3 Terbesar RI

Doni Adhitia - detikFinance
Kagumnya Jokowi Lihat Proyek Bendungan Ke-3 Terbesar RI Foto: Pool/Kementerian PUPR
Jakarta - Pemerintah di bawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar membangun infrastruktur di Indonesia. Salah satunya adalah pembangunan Bendungan Karian di Lebak, Banten.

Pada Rabu (4/10/2017) lalu, Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengecek pembangunan bendungan Karia.

"Setelah melihat lapangan, kemudian pekerjaan bisa dipercepat, nanti pertengahan 2019 Insya Allah bisa selesai," kata Jokowi di pinggir Waduk Karian, Desa Pasir Tanjung, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (4/10/2017).

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa biaya untuk membangun Bendungan Karian dibutuhkan sebanyak Rp 1,07 triliun. Sampai saat ini untuk progres fisik sudah menacapai 38,53% sementara progres keuangan sudah mencapai 35,18%. Bendungan yang berada di daerah Lebak ini memiliki kapasitas tampung sebesar 314,7 juta meter kubik, luas genangan seluas 2.170 hektare (ha), untuk penyediaan air irigasi seluas 22.000 Ha, penyediaan air baku sedalam 9,10 meter kubik.

Presiden Jokowi dan Menteri PUPR di Bendungan KarianPresiden Jokowi dan Menteri PUPR di Bendungan Karian Foto: Dok. Biro Pers Setpres dan Kementerian PUPR

Dalam akun Facebook Presiden Joko Widodo dijelaskan Bendungan Karian sudah direncanakan sejak tahun 80-an, tapi baru tiga tahun yang lalu dikerjakan. Para pekerja membendung Sungai Ciujung dan Sungai Ciherang dan membentuk waduk dengan kapasitas 314,7 juta meter kubik

Bendungan ini kelak dapat mengairi lahan seluas 22.000 ha, memasok air baku untuk wilayah Banten dan Jakarta sebesar 9,1 meter kubik per detik, menjadi pengendali banjir dengan kapasitas tampung 60,8 juta meter kubik, dan menghasilkan tenaga listrik sebesar 1,8 MW.

Bendungan KarianBendungan Karian Foto: Dok. Biro Pers Setpres dan Kementerian PUPR

Begitu besarnya, jika telah rampung, Waduk Karian menjadi waduk terbesar ketiga setelah Jatiluhur dan Jatigede.

Lalu kapan selesainya? Semula ditargetkan tahun 2020, akan tetapi setelah melihat di lapangan dan pekerjaan bisa dipercepat, maka pada pertengahan 2019 bisa selesai. Jika Bendungan Karian rampung, maka akan menjadi terbesar ketiga setelah Jatiluhur dan Jatigede.

Bendungan KarianBendungan Karian Foto: Dok. Biro Pers Setpres dan Kementerian PUPR


Selain Karian, di Banten juga sedang dibangun Bendungan Sindang Heula senilai 427 miliar. Bendungan yang berlokasi Serang ini seluas 9,26 juta meter kubik, sedangkan untuk penyediaan air irigasi seluas 1.000 ha.

Bendungan Sindang Heula dibangun untuk menampung aliran Sungai Cibanten dengan volume tampungan total sebesar 9,26 juta meter kubik dan luas genangan 128,50 ha. Bendungan Karian dan Sindang Heula merupakan proyek strategis yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2016 tetang percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed