Follow detikFinance
Sabtu 07 Oct 2017, 19:55 WIB

KRL Cikarang Beroperasi, Wali Kota Bekasi: Solusi Macet

Muhammad Idris - detikFinance
KRL Cikarang Beroperasi, Wali Kota Bekasi: Solusi Macet Foto: Muhammad Idris
Bekasi - Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Bekasi-Cikarang resmi dijalankan. Pengoperasian lintasan kereta komuter ke Cikarang sempat beberapa kali tertunda. Tahap awal, ada 32 perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota-Cikarang sejauh 43 km yang ditempuh dalam waktu 90 menit.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan pengoperasian lintasan KRL dari Cikarang ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di jalan yang dilintasi pekerja dari Bekasi ke Jakarta.

"Saya mewakili Pemkot Bekasi mengucapkan terimakasih karena telah diresmikan Stasiun Bekasi Timur di Kota Bekasi. Wajar, karena penduduk Bekasi saat ini jumlahnya sudah 2,7 juta, sehingga masyarakat komuter yang berangkat setiap pagi ke Jakarta di atas 150.000 orang per hari," kata Rahmat saat peresmian lintas KRL Bekasi-Cikarang, Sabtu (7/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Rahmat berujar, tingginya penumpang yang bisa diangkut KRL ini akan sangat efektif mengurangi penumpukan kendaraan dari Bekasi ke Jakarta. Selama ini, KRL hanya mentok sampai Stasiun Bekasi saja.

Diungkapkannya, Pemkot Bekasi juga saat ini sudah memperbaiki pedestrian dari Stasiun Bekasi Timur ke Terminal Bekasi. Tujuannya, agar perpindahan penumpang dari stasiun KRL ke moda bus dan angkot bisa optimal.

"Mudah-mudahan semakin banyak interaksi transportasi yang ada di Kota Patriot ini. Ini akan bantu masyarakat Bekasi, dari stasiun ke terminal bus enggak sampai 300 meter. Kita siapkan pedestrian yang baik, kita juga akan tambah sarana perparkirannya. Ini solusi kemacetan di Bekasi, baik di jalan negara, jalan arteri, maupun jalan kolektor," ujar Rahmat.


Seperti diketahui, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai 8 Oktober 2017 akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan PP yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota.

Guna mendukung operasi KRL hingga Cikarang, pemerintah telah membangun dua stasiun baru, yaitu Bekasitimur dan Cibitung. Sementara Stasiun Cikarang tengah dilakukan proses revitalisasi, dan Stasiun Tambun segera menyusul.


Dengan jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 km, maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp 5.000. Waktu tempuh untuk Cikaran-Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit, sementara untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 km adalah sekitar 20 menit. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed