Follow detikFinance
Sabtu 07 Oct 2017, 20:06 WIB

Saat Menhub Menyapa Warga Bekasi dari KRL Cikarang

Muhammad Idris - detikFinance
Saat Menhub Menyapa Warga Bekasi dari KRL Cikarang Foto: Muhammad Idris
Bekasi - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meresmikan beroperasinya Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Bekasi-Cikarang. Pengoperasian lintasan kereta komuter ke Cikarang sempat beberapa kali tertunda. Tahap awal, ada 32 perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota-Cikarang sejauh 43 km yang ditempuh dalam waktu 90 menit.

Usia melakukan peresmian, Budi langsung menjajal sendiri KRL di Stasiun Bekasi Timur. KRL tersebut berangkat dari Cikarang dan sampai di stasiun yang berada di Timur Stasiun Bekasi itu pada pukul 15.30. Ribuan warga Bekasi sendiri sudah menyemut antusias di pinggiran rel untuk melihat kedatangan KRL perdana dari Cikarang pasca resmi beroperasi tersebut.

Berkumpul di pinggir rel, anak-anak tampak bersemangat melambaikan tangan melihat KRL yang melintas di samping rumah mereka, sebelumnya kereta komuter tersebut memang hanya mentok sampai Stasiun Bekasi.

Budi yang berbalut kemeja lengan panjang putih ini membalas sambutan warga di pinggir rel, dengan melambaikan tangan keluar jendela. "Indonesia.. Indonesia... Indonesia," teriak Budi dari balik jendela KRL yang sambut teriakan girang anak-anak yang mengejar laju kereta dari pinggir rel, Sabtu (7/10/2017)

[Gambas:Video 20detik]

Ratusan penumpang perdana KRL pasca beroperasi resmi ini antara lain pejabat Kementerian Perhubungan, pegawai PT KAI, dan awak media. Baru pada hari Minggu (8/10/2017), KRL secara resmi melayani penumpang reguler yang berangkat dari Stasiun Cikarang.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan mengoperasikan 32 perjalanan atau 16 perjalanan PP yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota. Stasiun baru dibangun untuk pemberhentian KRL yakni Bekasi Timur, Stasiun Cibitung, serta revitalisasi Stasiun Cikarang. Kemudian pembangunan Stasiun Tambun yang penyelesaiannya menyusul kemudian.

Dengan jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 km, maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp 5.000. Waktu tempuh untuk Cikaran-Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit, sementara untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 km adalah sekitar 20 menit. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed