Follow detikFinance
Minggu 08 Oct 2017, 14:05 WIB

Akses Masuk Tol Desari Dibuat Masuk Terowongan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Akses Masuk Tol Desari Dibuat Masuk Terowongan Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Tol Depok-Antasari (Desari) sedang dalam tahap pembangunan dan pintu masuk tol arah Depok akan dibuat masuk ke dalam terowongan.

"Ini kan ada boks (terowongan) itu rencananya pintu masuk tol arah Depok. Nanti itu lurus aja jalan di kolong dan nanti jalan arteri juga dibongkar dibuat lebih tinggi," ucap Feri salah satu petugas pelaksana Tol Desari saat ditemui detikFinance di area Tol Desari, Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2017).

Lebih lanjut, ia menjelaskan boks tersebut memiliki ukuran 8 x 7 meter persegi dengan panjang 38 meter. Kemudian, boks juga memiliki tinggi sesuai standar jalan, yaitu 5,5 meter.

"Tinggi sesuai standar jalan ya, 5,5 meter. Jadi semua jenis mobil aman. Tronton, bus masuk," sambung Feri.

Selain di pintu masuk, boks rencanannya juga akan dibuat di pintu tol keluar arah Antasari. Boks tersebut akan memiliki ukuran yang sama, namun dengan panjang 70 meter.

Namun, sampai sekarang belum ditentukan kapan boks di pintu tol keluar arah Antasari akan dibangung. Pasalnya, Feri mengaku masih banyak masalah umum yang belum diselesaikan.

"Nih masalah utilitas kabel masih ganggu. Rencananya akan direlokasi dipindahin ke bawah," imbuhnya.

Lantas, kapan Tol Desari akan siap beroperasi? Feri mengatakan bahwa hal tersebut masih sulit untuk diprediksi sebab pembangunan Tol Desari dari Antasari hingga Cilandak Permai atau Mandala I masih dalam proses 70%.

"Prediksi sih susah. Rencana awalnya itu Desember harusnya, tapi kita kerja sih maksimal saja," pungkasnya.

Sebelumnya, kontraktor pelaksana pembangunan seksi I jalan tol ini.adalah Kerja Sama Operasi (KSO) PT Waskita Karya, Hutama Karya dan PT PP yang bertanggung jawab membangun simpang susun penghubung jalan Tol Desari dengan Tol Lingkar Luar Selatan di persimpangan depan sekolah High Scope dengan surat perintah mulai kerja (SPMK) sejak Agustus 2016.

Namun sejak Februari 2017, konstruksi kemudian dilanjutkan oleh PT Girder Indonesia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed