Follow detikFinance
Senin 09 Oct 2017, 07:41 WIB

Sabar Dulu, Perjalanan KRL ke Cikarang Masih Sedikit

Muhammad Idris - detikFinance
Sabar Dulu, Perjalanan KRL ke Cikarang Masih Sedikit Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Bagi warga Cikarang di Kabupaten Bekasi yang bekerja di Jakarta, saat ini sudah bisa menikmati kereta rel listrik (KRL) hingga ke Stasiun Jakarta Kota via Manggarai. Namun demikian, pada tahap awal, perjalanan KRL lintas Jakarta Kota-Cikarang masih sedikit, yakni 32 perjalanan atau 16 kali pulang pergi per hari.

Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati Tri Astuti, mengungkapkan masih sedikitnya jumlah perjalanan KRL lintas Cikarang karena proyek DDT (double-double track) belum rampung dikerjakan.

Dua rel KA tambahan di sisi rel yang sudah ada saat ini, nantinya akan memisahkan jalur KRL dengan kareta jarak jauh dan menengah, sehingga jumlah perjalanan KRL ke Cikarang bisa ditingkatkan.

"DDT sendiri belum selesai, tapi kami kan ingin pemanfaatan KRL (sampai Cikarang) sudah mendesak. Jadi elektrifikasi kami dahulukan untuk existing track yang ada, nanti ada second track," jelas Umiyatun kepada detikFinance, saat mencoba KRL lintas Cikarang-Manggarai, Sabtu (7/10/2017).

"Kami fokusnya memang ini bagian dari DDT untuk angkutan perkotaan karena terjadi aglomerasi (perluasan kota) Jakarta atau Jabodetabek, sampai Cikarang kami antisipasi dengan DDT dan ditambahkan elektrifikasi sampai Cikarang," imbuhnya.

Menurutnya, pengerjaan DDT saat ini terus dikebut bersamaan dengan pembebasan lahan. Dua rel baru dibangun sisi Utara dari rel yang sudah ada saat ini. Proyek DDT ini akan melipatgandakan jumlah perjalanan kereta penumpang dan barang dari Jakarta ke Surabaya, dan sebaliknya.

"Elektrifikasi untuk KRL sampai Cikarang saja dulu, tapi lebih penting selesaikan DDT, ini kan sudah double track, ini double ganda sebelah kanan lagi dari Bekasi Timur ke Bekasi ada (tanah) yang sedang dibebaskan," ujar Umiyatun. (idr/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed