Follow detikFinance
Senin 09 Oct 2017, 17:20 WIB

Sudah Beroperasi, Begini Rasanya Naik KRL Jakarta-Cikarang

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Sudah Beroperasi, Begini Rasanya Naik KRL Jakarta-Cikarang Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Bekasi-Cikarang baru diresmikan dua hari yang lalu. Saat ini, KRL tersebut beroperasi sebanyak 32 kali perjalanan atau 16 kali PP (pulang-pergi) dalam satu hari.

Lantas, bagaimana situasi KRL arah Cikarang terkini?

Sudah Beroperasi, Begini Rasanya Naik KRL Jakarta-CikarangFoto: Puti Aini Yasmin

detikFinance hari ini menjajal moda transportasi terbaru menuju Cikarang tersebut. Setelah menunggu di Stasiun Manggarai sejak pukul 11.45 WIB, jalur kereta arah Cikarang berada di peron empat bersamaan dengan kereta arah Bekasi, Baru pada pukul 12.40 WIB kereta arah Cikarang sampai di stasiun Manggarai.

"Kereta arah Cikarang memang masih sedikit. Tadi terakhir jam 11 itu yang keempat arah Cikarang. Beroperasinya dari Kota," ucap salah satu petugas pengaman yang berada di stasiun Manggarai.

Di dalam kereta yang memiliki 12 gerbong ini kondisi dipenuhi dengan para penumpang. Namun, selepas melewati stasiun Bekasi terlihat kondisi gerbong mulai lenggang.

[Gambas:Video 20detik]

Tak hanya itu, sepanjang perjalanan para penumpang kereta juga dapat menikmati suasana asri. Misalnya saja saat menuju stasiun Cibitung, banyak pemandangan hijau sawah yang memanjakan mata.

Seperti salah satu penumpang, Yusuf yang mengaku senang dapat melihat pemandangan sepanjang perjalanan.

"Nyaman sekali masih bisa lihat sawah dan pohon meskipun enggak banyak," ujar pria yang mengaku baru mencoba kereta arah Cikarang ini.

Sudah Beroperasi, Begini Rasanya Naik KRL Jakarta-CikarangFoto: Puti Aini Yasmin

Selanjutnya, kereta sampai stasiun Cikarang pada pukul 13.53 WIB. Terlihat stasiun yang didominasi warna putih dan abu-abu ini memiliki tinggi lebih dari sepuluh meter dengan tujuh jalur kereta.

Selain itu, masih terlihat adanya pembangunan oleh beberapa teknisi di dalam stasiun. Seperti yang mengatur lampu hingga mempersiapkan eskalotor.

Namun, saat penumpang keluar terjadi sedikit antrean sepanjang tiga meter di depan eskalator yang menuju ke atas atau pintu keluar.

Sebagai informasi, stasiun Cikarang memiliki enam eskalator, tiga tangga dan tiga lift. Namun untuk sementara, hanya dua dari empat eskalator dan dua tangga yang masih beroperasi. Sedangkan ketiga lift sama sekali belum beroperasi.

"Eskalatornya memang baru dua yang diaktifin karena kan belum ada lonjakan penumpang dan jalur yang baru beroperasi baru satu saja. Kalau lift memang dayanya yang belum kuat," ucap Fahmi, salah satu petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI). (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed