Follow detikFinance
Rabu 11 Oct 2017, 12:47 WIB

Pengangguran Turun Berkat Transportasi Online? Ini Kata Menaker

Tri Ispranoto - detikFinance
Pengangguran Turun Berkat Transportasi Online? Ini Kata Menaker Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Bandung - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengklaim jumlah pengangguran di Indonesia terus menurun. Bahkan tahun 2017 ini menembus angka terendah pasca reformasi.

Ditemui usai Talk Show Inspiring Leaders di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Hanif mengklaim saat ini jumlah pengangguran yang semula 6,18 persen dari angkatan kerja menurun hingga 5,3%.

"Angka itu adalah angka pengangguran terendah sejak Indonesia reformasi," ujarnya, Rabu (11/10/2017).

Menurut Hanif banyak faktor yang mempengaruhi penurunan tersebut. Namun terpenting bagi pemerintah saat ini adalah meningkatkan daya saing dengan mendorong kualitas pekerjaan.

"Kalau faktor banyaklah. Seperti penciptaan tenaga kerja melalui investasi, kemudian berkembangnya skema peningkatan keterampilan di masyarakat. Walau pun belum secara masif," katanya.

Sejauh ini, kata Hanif, angkatan kerja di Indonesia masih banyak terserap dari sektor informal. "Kalau di Indonesia informal masih sangat besar (penyerapan tenaga kerja)," ucapnya.

Disinggung apakah kemunculan transportasi online menurunkan angka pengangguran, Hanif mengungkapkan sedikit banyaknya hal itu bisa terpengaruh.

"Sedikit banyaknya ada (pengaruh). Tapi saya belum lihat datanya. Tapi angka pengangguran kita turun lho," tandas Hanif. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed