Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 17:54 WIB

Jasa Marga Tegaskan Tak Ada PHK Akibat Pembayaran Tol Non Tunai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jasa Marga Tegaskan Tak Ada PHK Akibat Pembayaran Tol Non Tunai Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan tak ada karyawannya yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) terkait kebijakan 100% pembayaran non tunai atau cashless di jalan tol.

Hal ini menjawab kekhawatiran yang ada bahwa bakal terjadi PHK imbas dari penerapan tol non tunai yang akan dilakukan secara penuh pada akhir Oktober mendatang.

"Kami tegaskan di Jasa Marga, akibat dari kebijakan cashless ini, tidak ada PHK. Jadi karyawan-karyawan yang terdampak kebijakan cashless, selanjutnya akan disalurkan ke kantor cabang dan anak-anak usaha Jasa Marga," kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Jasa Marga, Kushartanto dalam jumpa pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Kus mengakui, adanya penerapan non tunai secara penuh akan menyebabkan terjadinya pengurangan petugas di gerbang tol. Namun demikian, dia bilang akan tetap ada petugas yang bertugas di gerbang tol, meski jumlahnya berkurang.

"Ketika kebijakan ini dilaksanakan, nantinya tidak bisa serta merta meninggalkan bantuan orang. Kami menyimpulkan kebijakan non tunai ini akan tetap perlu orang agar konsumen bisa tetap lancar di gerbang tol dengan adanya supervisi (bantuan) dari orang-orang tadi," ucapnya.

Nantinya, petugas-petugas tol yang terkena dampak kebijakan non tunai tadi akan dialihkan ke beberapa opsi yang sudah disediakan oleh Jasa Marga.

Perusahaan akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada petugas gardu untuk ditempatkan di unit kerja yang baru sebagai pembekalan alih posisi yang akan didapati oleh karyawan. (eds/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed