Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 17:59 WIB

Ada Jalan Tol, Jokowi Sebut Medan ke Danau Toba Bisa 2 Jam

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ada Jalan Tol, Jokowi Sebut Medan ke Danau Toba Bisa 2 Jam Foto: Ardan Adhi Chandra
Deli Serdang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini meresmikan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) sepanjang 41,65 km. Dalan kesempatan tersebut juga dilakukan peresmian tol Medan-Binjai seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) sepanjang 10,46 kilometer (km).

Dengan kehadiran jalan tol tersebut, Jokowi berharap perkembangan pariwisata di Sumatera Utara khususnya di Danau Toba bisa semakin berkembang. Pasalnya, akses menuju lokasi wisata bisa semakin cepat jika seluruh ruas tol dari Medan sampai Tebing Tinggi sudah tersambung penuh.

Saat ini, ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi baru tersambung dari seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) 41,56 km dari total 61,8 km. Jika sudah tersambung penuh, ia memperkirakan waktu tempuh Medan ke Danau Toba bisa semakin singkat.

"Diharapkan nanti dengan tol ini, Toba dan sekitarnya jadi kawasan pariwisata yang bisa kita dorong karena dari Medan ke Tebing Tinggi-Danau Toba sekarang berapa jam? 4-5 jam," tutur Jokowi di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (13/10/2017).

Waktu tempuh dari Medan ke Danau Toba, kata Jokowi, mencapai 5 jam jika dilalui dengan jalan biasa. Sedangkan dengan kehadiran jalan tol yang nantinya sudah terhubung sampai ke Tebing Tinggi dan dilanjutkan sampai ke Danau Toba bisa mencapai 1,5-2 jam.

"Nantinya kalau tolnya jadi perkiraan hanya kurang lebih paling-paling harusnya 1,5 jam sampai 2 jam," ujar Jokowi.

Dengan demikian, mobilitas barang maupun orang bisa semakin cepat. Selanjutnya, biaya transportasi dan logistik bisa semakin terjangkau bagi masyarakat.

"Mobilitas barang cepat harga transportasi murah. Harga transportasi murah, barang-barang dibawa truk akan jatuh ke masyarakat juga akan murah," tutur Jokowi. (ara/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed