Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 19:49 WIB

Jokowi Ingin Tol di Sumut Terhubung Pelabuhan dan Kawasan Industri

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jokowi Ingin Tol di Sumut Terhubung Pelabuhan dan Kawasan Industri Foto: Agung Pambudhy
Deli Serdang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan jalan tol di Sumatera Utara (Sumut) terhubung dengan Pelabuhan Kuala Tanjung. Selain itu, Jokowi juga menginginkan jalan tol terhubung dengan kawasan industri Sei Mangke.

"Nanti kan kalau sudah selesai semuanya, tersambung dengan titik-titik pertumbuhan yang juga kita rencanakan. Misalnya yang nanti kita akan sambungkan dengan Kuala Tanjung, Pelabuhan Kuala Tanjung, Sei Mangke, kemudian sambung nanti sampai Tebing Tinggi-Toba," ujar Jokowi di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (13/10/2017).

Dengan demikian, arus keluar masuk barang dari kawasan industri ke pelabuhan atau sebaliknya bisa berjalan lebih cepat.


"Nanti ada kawasan industri, ada kawasan pelabuhan yang akan gampang keluar dan masuknya barang, diangkut ke tempat tujuan, yang pertama," tambah Jokowi.

Selanjutnya, konektivitas jalan tol juga diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh wisatawan dari Bandara Kualanamu ke tempat wisata Danau Toba. Dengan demikian diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Yang kedua untuk pariwisata juga akan mempercepat wisatawan yang sudah turun di Bandara Kualanamu untuk masuk ke Toba. Saya kira semuanya sudah mempercepat, kalau semuanya mempercepat, semakin efisien, daya saing meningkat ya ekonomi akan tumbuh," tutur Jokowi.


Jokowi menambahkan, pembangunan jalan tol Trans Sumatera sekitar 2.700 km berjalan semakin baik. Permasalahan pembebasan lahan dan proses konstruksi bisa diselesaikan dengan lancar.

Jokowi juga meminta BUMN mencari alternatif pendanaan melalui sekuritisasi aset yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan jalan tol.

"Ini pendanaan harus siap terus, itu kenapa BUMN melakukan sekuritisasi atau dicarikan partner dengan swasta. Kalau itu nanti bisa dilakukan akan semakin cepat," tutup Jokowi (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed