Follow detikFinance
Senin, 16 Okt 2017 14:19 WIB

Bos JNE: Peralihan Belanja dari Offline ke Online Benar Terjadi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Gerai-gerai di pusat perbelanjaan seperti Glodok dan Mangga Dua tutup. Lantas, apakah ini terjadi karena minat belanja konsumen konsumen beralih dari offline ke online?

Presiden Direktur PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) , Muhammad Feriadi, menjelaskan telah terjadi pergeseran pola belanja dari offline ke online, karena dinilai lebih mudah dan efisien.

"Garis besarnya adalah saya katakan from offline to online itu benar terjadi. Orang dulu mungkin lebih suka kebutuhan apapun di supermaket, mal, atau pasar. Sekarang ini orang lebih memilih belanja online, kenapa? Karena online ini menawarkan harga yang relatif lebih murah dan efisien," kata Feriadi di Kantor Pusat JNE, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Menurut Feriadi masalah daya beli yang banyak menjadi pembicaraan tidak mempengaruhi kinerja pengiriman JNE, karena terbantu pengiriman barang dari transaksi di toko online.

Pengiriman JNE tumbuh hingga 30% lebih per tahunnya. Salah satu pemicunya karena tingginya transaksi jual-beli melalui toko online.

"Saya ceritakan peningkatan kita saja, kita itu berapa tahun terakhir 30% lebih," tutur Feriadi.

Transaksi online menyumbang sekitar 50% dari 70% total jasa pengiriman ritel di JNE. Hal itu menurutnya, terus naik.

"Transaksi e-commerce 50%, itu dari 70% revenue ritel kita. Jadi revenue ritel kita ada 70%, nah 30% corporate. Dari 70% itu 50%-nya dari e-commerce," terang Feriadi

"Tapi sekali lagi, lonjakan itu tidak semuanya itu akibat dari kiriman-kiriman online, mungkin juga terjadi karena kiriman individu-individu, dari korporasi ke individu. Tapi garis besarnya adalah saya katakan from offline to online itu benar terjadi," sambungnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed