Follow detikFinance
Senin 16 Oct 2017, 17:47 WIB

Bertemu Presiden Niger, Dirut WIKA Pamer Terminal 3 Soekarno Hatta

Danang Sugianto - detikFinance
Bertemu Presiden Niger, Dirut WIKA Pamer Terminal 3 Soekarno Hatta Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Presiden Republik Niger, Mahamadou Issoufou langsung menyambangi kantor PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur.

Rombongan Presiden Niger dengan kawalan ketat tiba sekitar pukul 16.00 WIB. Seluruh jajaran direksi WIKA pun turut menyambut langsung kedatangannya.

[Gambas:Video 20detik]


Mahamadou Issoufou beserta seluruh delegasi Niger pun digiring untuk menempati sebuah ruang guna membahas penjajakan rencana kerja sama.

Di depan Presiden Niger, Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo memamerkan hasil karya perseroan yang telah dibangun, seperti Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta, di Tangerang, Banten.

"Wika sudah bisa berhasil membangun Terminal 3 Ultimate. Terminal ini menjadi salah satu kebanggan," tuturnya di Gedung WIKA, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta memang dibangun oleh Konsorsium yang terdiri dari WIKA, PT Waskita Karya Tbk, PT Hyundai Engineering Co. Ltd, PT Pembangunan Perumahan Tbk, PT Jaya Teknik Indonesia dan PT Indulexco. Adapun nilai proyeknya mencapai Rp 4,7 triliun.


Dengan melihat langsung hasil karya WIKA tersebut, Bintang berharap pihaknya bisa menjalin kerja sama dengan Niger.

"Saya percaya pertemuan kita hari ini adalah langkah bisnis yang baik bagi kita dan semua masyarakat Indonesia," tukasnya.

Sebelumnya, usai melakukan pertemuan bilateral, Jokowi mengatakan ketadagangan Presiden Niger tersebut salah satunya untuk melihat potensi proyek di Niger yang bisa dikerjakan BUMN Indonesia.

Pertemuan bilateral itu membahas peningkatan kerja sama berbasis ekonomi, infrastruktur, dan industri strategis. Kerja sama di bidang infrastruktur yang disebutkan Jokowi yakni penjajakan proyek pembangunan perumahan di Niger.

"Di bidang infrastruktur, saya mendukung rencana pembangunan perumahan rakyat bagi masyarakat di Niger. Dalam hal ini, PT Wika akan melihat langsung potensi proyek yang ada di Niger," kata Jokowi.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) adalah salah satu BUMN yang bergerak di sektor konstruksi. Ada pula kerja sama di bidang teknis. Dengan senang hati, kata Jokowi, Indonesia menawarkan kerja sama teknis pertanian, perikanan, pendidikan, kesehatan, dan keluarga berencana.

Di bidang perdagangan, Indonesia dan Niger sepakat mengurangi hambatan tarif dan non tarif. Indonesia juga meminta dukungan ke Niger untuk bisa membangun relasi yang lebih baik dengan Economic Community of Western African States (ECOWAS). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed