Follow detikFinance
Selasa 17 Oct 2017, 18:52 WIB

Kapal Besar dari AS dan Eropa Minati Priok Jadi Tempat Sandar

Hendra Kusuma - detikFinance
Kapal Besar dari AS dan Eropa Minati Priok Jadi Tempat Sandar Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, dalam sisa waktu 2 tahun masa pemerintahan kabinet kerja akan memaksimalkan fungsi Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional.

Hal ini dikarenakan sudah banyaknya minat kapal-kapal besar yang bersandar di Tanjung Priok. Seperti kapal milik perusahaan pelayaran asal Prancis, Compagnie Maritime d'Affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) yang bermuatan 8.500 TEUs.

"Jadi beberapa yang didiskusikan dengan baik yaitu Priok, saya sudah meminta Pak Menko Darmin mengumpulkan stakeholder, karena diminati pemilik kapal besar," kata Budi di Bina Graha Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Menurut Budi, hingga saat ini kapal-kapal besar yang minat bersandar di Tanjung Priok bukan hanya berasal dari Amerika Serikat (AS) saja, melainkan juga dari daratan Eropa.

"Pemilik kapal besar bukan hanya AS tapi juga eropa yang nantinya mereka bisa investasi juga," tambah dia.

Menurut Budi, dirinya mendapatkan laporan dari pengelola pelabuhan bahwa sudah ada pembicaraan terkait dengan kapal-kapal besar bersandar di pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan lainnya seperti Kuala Tanjung.

"Saya memberikan ini kepada mereka apabila mereka kerja sama dengan shiping line itu bagus sekali mengisi okupansi dari masing-masing pelabuhan, dan komitmen mereka untuk membuat pelabuhan kita sebagai hub," tukas Budi Karya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed