Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Okt 2017 11:50 WIB

Ada CPNS Bawa Jimat Saat Tes, Belinya di Mana?

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris/detikFinance Foto: Muhammad Idris/detikFinance
FOKUS BERITA Pengumuman CPNS 2017
Jakarta - Deretan toko di ujung lorong sekilas berbeda dengan kios lain di Pasar Jakarta Gems Center (JGC), Jatinegara, Jakarta Timur. Tak banyak keramaian, dan lampunya sengaja dibuat temaram, suasananya pun lebih lebih sepi jika dibandingkan dengan toko-toko batu akik yang memadati lantai dasar tersebut.

Barisan puluhan kios di tepi gedung pusat batu mulia itu memang rata-rata ditempati para pedagang barang antik, jimat, dan peralatan upacara ritual seperti bambu kuning, patung, dupa, hingga kemenyan.

Saat didatangi, Awan, salah satu pedagang jimat di pasar itu lebih banyak duduk sembari membereskan jimat-jimat dagangannya. Maklum, jam 10.30, para pedagang di pasar itu baru membuka dagangannya.

"Mau cari apa mas?" kata Awan menyambut detikFinance yang datang ke tokonya, Rabu (18/10/2017).

Saat detikFinance menanyakan jimat untuk keperluan memudahkan ujian CPSN, dengan cekatan, Awan memperlihatkan jimat-jimat yang dikeluarkannya sebuah dari etalase kaca. Rata-rata jimat itu terdapat tulisan aksara arab hitam, umumnya jimat jenis itu biasa disebut rajah atau azimat.




"Fungsinya macam-macam, saya enggak terlalu tahu persis Mas untuk apa saja. Yang lebih tahu biasanya ya yang beli. Yang beli itu paranormal yang datang ke sini. Dia pakai untuk jimat pembelinya juga," ucap Awan ditemui di tokonya, Rabu (18/10/2017).

Menurut Awan, rata-rata jimat yang dijual di JGC diburu untuk keperluan penglaris atau memuluskan usaha seperti warung dan toko. Sebagian lagi berfungsi sebagai untuk tujuan lain seperti penolak bala, kelulusan ujian sampai pemikat hati.

Namun untuk fungsinya sendiri, azimat itu tergantung pada pemakainya masing-masing. Setiap orang yang jadi pemegang jimat, peruntukannya pun bisa bermacam-macam. Dirinya mengaku hanya menjual media jimat yang memang lumrah dicari untuk berbagai keperluan.

"Ya termasuk buat ujian. Media saja biar dikasih kemudahan. Tapi kalau kita yang jual enggak tahu fungsinya buat apa saja. Kita kan cuma jual media saja, jual kayak bahan jimat, ini kan di dalamya ada tulisan arab yang difotokopi. Nah ini dipakai buat apa, itu terserah yang pakai," terang Awan.

Apakah jimat-jimat di pasar itu juga dipakai untuk para peserta CPNS, dirinya mengaku tak terlalu tahu.
Ada CPNS Bawa Jimat Saat Tes, Belinya di Mana?Foto: Muhammad Idris/detikFinance

"Saya dengar juga berita ujian bawa jimat. Lucu juga sih, yang beli sih enggak banyak, ada ujian CPNS atau enggak sama saja. Kita enggak tahu buat dipakai apa jimatnya, apakah buat biar lulus ujian atau buat apa, enggak tahu kita," tuturnya.

Dia mengaku, media jimat-jimat tersebut didapatnya dari sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Solo, Pati, dan Rembang. Dalam sehari, ada saja yang selalu membeli jimat di tokonya.

"Ada tiga orang mungkin rata-rata sehari. Jadi ini hanya bahan saja, urusan jadi jimat untuk fungsi apa, itu yang tahu pembelinya," jelas Awan yang asli Jakarta ini.

Ada CPNS Bawa Jimat Saat Tes, Belinya di Mana?Foto: Muhammad Idris/detikFinance
(idr/ang)
FOKUS BERITA Pengumuman CPNS 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed