Follow detikFinance
Rabu 18 Oct 2017, 16:33 WIB

Jokowi Terus Bangun Infrastruktur Hingga 2019

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jokowi Terus Bangun Infrastruktur Hingga 2019 Foto: dok. PUPR
Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah 3 tahun berjalan. Masih ada beberapa pekerjaan rumah yang akan terus digarap dalam sisa masa pemerintahan tersebut.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan mengungkapkan, pembangunan infrastruktur masih akan terus berlanjut dalam dua tahun ke depan. Di masa kepemimpinan Jokowi-JK, pembangunan jalan tol mencapai 568 kilometer (km) di 3 tahun terakhir.

"Kalau pikiran saya kita ingin melihat dicapai infrastruktur sampai 90%. Bisa 80-90% saja bagus, kalau lebih Alhamdulillah," ujar Luhut di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2017).

"Ini Pak PUPR (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono) paten enggak banyak omong tapi jalan," tambah Luhut.

Selain itu, penyaluran dana desa juga akan terus dilakukan. Penyaluran dana desa pada tahun 2015 sebesar Rp 56 triliun terus mengalami kenaikan di tahun 2016 sebesar Rp 87 triliun, dan di 2017 Rp 12 triliun. Dengan ditingkatkannya dana desa diharapkan bisa mengurangi tingkat kemiskinan di daerah.

"Kalau dua ini jalan saya kira mengurangi disparitas, mengurangi rasio kemiskinan," tutur Luhut.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK, memasuki tahun ketiga masa kepemimpinan Presiden Jokowi-Wapres Jusuf Kalla (JK), telah terbangun 2.623 km jalan baru, terdiri dari jalan nasional dan jalan tol.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga saat acara Capaian 3 Tahun Jokowi-JK di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Selasa (17/10/2017).

"Terkait konektivitas, ada capaian 2.623 km jalan, ini kebanyakan jalan perbatasan di Kalimantan, di Papua, jalan perbatasan itu kurang lebih 2.000 km, dan juga di perbatasan NTT di Pulau Timor," kata Danis.

Khusus jalan tol, kata Danis, sampai akhir 2017 akan ada 568 km jalan tol baru. Sedangkan sampai akhir 2019 akan ada 1.852 km jalan tol yang akan direalisasikan. (ara/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed