Follow detikFinance
Jumat 20 Oct 2017, 07:35 WIB

3 Tahun Jokowi-JK: Infrastruktur Digenjot, Aturan Dipangkas

Angga Aliya ZRF - detikFinance
3 Tahun Jokowi-JK: Infrastruktur Digenjot, Aturan Dipangkas Foto: Dikhy Sasra
Bogor - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah memasuki umur tiga tahun. Apa saja yang sudah dicapai oleh pemerintahan Kabinet Kerja ini?

detikcom menemui pria asal Solo itu di Istana Bogor beberapa hari menjelang genap tiga tahun pemerintahannya. Pagi yang cerah itu, Jokowi yang memakai setelan jas lengkap membeberkan banyak hal mengenai kegiatannya memimpin negara dalam tiga tahun terakhir.


"Banyak tantangan yang dihadapi dalam setiap program proyek yang ada. Pertama banyaknya aturan regulasi yang ada menyebabkan kita lambat memutuskan, di lapangan enggak bisa putus karena banyak aturan, karena ada 42.000 aturan yang membuat kita tidak cepat justru memperlambat menyebabkan birokrasi kita enggak cepat ya aturannya itu," kata Jokowi menjawab pertanyaan pertama detikcom, Kamis (12/10/2017).

"Kedua berkaitan dengan lapangan, pembebasan lahan ini juga awalnya ada hambatan, sekarang enggak ada ini karena kita benar-benar kuasai lapangan. Persoalan diputuskan, ada jalan keluar dan solusi. Sekarang ini misalnya infrastruktur, kayak bendungan, target kita 49 saat ini dalam proses 80% selesai, sudah 33 bendungan. Tahun depan 11, sisanya 2019," tambahnya.

[Gambas:Video 20detik]

Jokowi menambahkan, pemerintah sudah menyelesaikan 580 km jalan tol dari total target 1.850 km. Awalnya, target pembangunan jalan tol ini hanya 1.100 km, tapi belakangan direvisi.

"Jalan tol sudah selesai 580 km. Kita harap 2019 itu 1.850 km. Dulu target kita dulu 1.100 km tapi selesai 1.850 km," ujarnya.

Sementara untuk proyek listrik 35.000 megawatt (MW), menurut Jokowi, saat ini sudah separuhnya terbangun. Pemerintah masih berharap bisa mengejar target listrik itu dalam sisa masa pemerintahan.

"Listrik sudah separuh 35.000 MW, sudah jalan kita harapkan juga bisa kita kerjakan sesuai dengan target yang diberikan," ucapnya.

Sedangkan di bidang non infrastruktur, Jokowi mengaku sudah membagikan Kartu Indonesia Sehat ke 92 juta rakyat Indonesia Penerima Bantuan Iuran (PBI), lalu Kartu Indonesia Pintar (KIP) sudah dibagikan ke 19 juta penerima, serta Program Keluarga Harapan (PKH) ke 6 juta penerima.

[Gambas:Video 20detik]

(ang/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed