Follow detikFinance
Jumat 20 Oct 2017, 11:49 WIB

Pengemudi Taksi Online Mau Dipasang Stiker Asal Keamanan Terjamin

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pengemudi Taksi Online Mau Dipasang Stiker Asal Keamanan Terjamin Foto: Tim Infografis/detikcom
Jakarta - Kendaraan yang digunakan sebagai taksi online diwajibkan terpasang stiker 'identitas'. Hal ini dilakukan agar menjadi pembeda antara kendaraan pribadi dengan kendaraan taksi online.

Hal tersebut tertuang dalam aturan baru hasil revisi Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek alias taksi online.

Kendaraan dilengkapi dengan tanda khusus berupa stiker yang ditempatkan di kaca depan kanan atas dan belakang serta di kanan dan kiri badan kendaraan dengan muatan informasi wilayah operasi, jangka waktu berlaku izin nama badan hukum dan latar belakang logo perhubungan.

Pengemudi taksi online, mengaku tidak keberatan jika diwajibkan memasang stiker identitas di mobilnya. Hanya saja ia meminta ada garansi keamanan selama ia beroperasi menjemput dan mengantar penumpang di setiap daerah.

"Dengan adanya stiker enggak masalah kan jadi kelihatan. Kita minta juga garansi keamanan kita," tutur pria tersebut saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Ia mengatakan, selama ini masih terdapat penolakan operasi taksi online di beberapa daerah, salah satunya di Bekasi dekat tempat tinggalnya. Di tempat tersebut ia merasa kesulitan mengantar dan menjemput penumpang ke tempat tujuan, sehingga ia harus berhenti di tempat yang jaraknya lumayan jauh dari tujuan atau lokasi penjemputan.

"Bekasi masih, kaya di stasiun. Masih nyari tempat aman buat jemput," ujar dia.

Ia meminta kepastian keamanan selama pengemudi taksi online beroperasi diperhatikan. Sehingga tidak ada gesekan dengan pengemudi angkutan konvensional lainnya.

"Itu aja, benar-benar amannya aja supaya legal. Jangan sampai masuk ke wilayah mana ribut lagi," tutup dia. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed