Follow detikFinance
Jumat 20 Oct 2017, 11:55 WIB

Jokowi Resmikan KEK Mandalika, Ada Sirkuit Internasional

Danu Damarjati - detikFinance
Jokowi Resmikan KEK Mandalika, Ada Sirkuit Internasional Foto: Danu Damarjati
Lombok -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nilai investasi yang bakal masuk mencapai Rp 13 triliun.

Jokowi meresmikan dengan cara memukul lesung dan menandatangani prasasti di tepi Pantai Kuta kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (20/10/2017).

Hadir di acara ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur NTB Muhammad Zainuk Majdi.

Jokowi Resmikan KEK Mandalika, Ada Sirkuit InternasionalFoto: Danu Damarjati



Di seluruh Indonesia, ada 12 proyek KEK, terdiri dari 8 KEK industri manufaktur dan 4 KEK kepariwisataan, salah satunya KEK Mandalika ini. Total investasi untuk semua KEK adalah Rp 221 triliun. Diharapkan pada 2030, KEK bisa menarik investasi Rp 726 juta.

Darmin menjelaskan, KEK dan kawasan strategis pariwisata nasional Mandalika ini difokuskan untuk kegiatan pariwisata. Pembangunan dan pengelolaannya dilakukan oleh PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Jokowi Resmikan KEK Mandalika, Ada Sirkuit InternasionalFoto: Danu Damarjati



Rencananya, kawasan wisata Mandalika ini akan memiliki 10 ribu kamar hotel, targetnya 2.000 kamar dahulu untuk 2019. Akan ada arena balap taraf dunia juga.

"Sirkuit balap kelas dunia, convention center, dan tujuh hotel yang diharapkan terealisir tahun 2019," kata Darmin.

KEK Mandalika Lombok telah menarik investasi belasan triliun rupiah. Sudah ada investasi di lima hotel bintang lima dan sea water reverse osmosis.

"PT ITDC telah mencatat aliran investasi Rp 13 triliun. Nilai investasi Rp 4,1 triliun yang sedang berjalan," kata Darmin.

Proyek pembangunan KEK sudah dimulai sejak 2015. Kini KEK Mandalika sedang mencari tambahan dana sebesar Rp 3 triliun untuk membantu menyelesaikan seluruh pembangunan infrastruktur.

(dnu/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed