Follow detikFinance
Jumat, 20 Okt 2017 14:52 WIB

RI Ekspor Perdana 25 Ton Beras dari Kalbar ke Malaysia

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Sanggau - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman kunjungan kerja ke desa Thunggal Bakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (20/10/2017).

Amran yang mengenakan pakaian putih bertopi merah. Di sana, Amran melakukan panen padi bersama para warga sekitar yang telah menunggu dirinya.

Setibanya di lokasi, Amran pun berkeliling dan mengecek kualitas padi di kawasan itu. Dirinya juga mengatakan, bahwa lahan pertanian di sana sudah bebas dari hama wereng.

Ekspor 25 ton beras ke MalaysiaEkspor 25 ton beras ke Malaysia Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

"Ini memang kalau wereng itu harus diperangi, jangan didiamkan saja. Makanya ini kualitasnya jadi bagus," kata Amran di lokasi.

Setelahnya, Amran pun melihat-lihat kegiatan panen dengan menggunakan traktor. Dirinya pun sempat berbincang dengan petani di sana.

Ekspor 25 ton beras ke MalaysiaEkspor 25 ton beras ke Malaysia Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Selain panen padi, di sana Mentan juga melepas ekspor beras hasil produksi pertanian Kabupaten Sanggau ke Sarawak Malaysia melalui jalur perbatasan Entikong.

"Hari ini Sanggau sudah surplus 50 ribu ton beras, Kalbar surplus 350 ribu ton. Surplus ini kita kirim ke negara tetangga. Ada permintaan beras 140 ribu ton. Hari ini kita kirim perdana," tutur Amran.

Pada ekspor kali ini, beras medium INPARI 33 yang akan dikirim hanya sebagai perkenalan awal ke, Malaysia. Beras yang akan dikirim sebagai permulaan ini jumlahnya 25 ton. Nantinya, ekspor resmi akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed