Follow detikFinance
Rabu 25 Oct 2017, 16:48 WIB

Curhat Driver Taksi Online: Dibayar Pakai Tarif Promo

Muhammad Idris - detikFinance
Curhat Driver Taksi Online: Dibayar Pakai Tarif Promo Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ratusan pengemudi taksi online hari ini berunjuk rasa di depan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2017). Mereka menolak sejumlah poin dalam aturan baru dalam revisi Permenhub Nomor 26 tahun 2017.

Salah seorang pendemo yang berorasi di atas mobil komando, Aldi Savalas, mengatakan para mengemudi aplikasi sangat mengeluhkan diwajibkannya mobil mereka ditempeli stiker yang nantinya akan membatasi area operasi mereka.

"Kita cuma dibayar pakai tarif promo, sekarang dipasangi stiker, mau dibatasi Jakarta saja. Besok kalau kita mau pulang kampung (pakai mobil) enggak bisa, masa harus sewa busway sih," kata Aldi bersemangat saat berorasi di depan Kemenhub.

[Gambas:Video 20detik]

Ia berharap, pemerintah tak terlalu banyak membatasi kehadiran taksi online, dalam hal ini lewat stiker yang nantinya mereka hanya bisa beroperasi di wilayah yang sudah ditetapkan.

"Dibayar tarif promo kita masih ucapkan salam (ke penumpang), masih kasih senyum. Beli mobil mahal, cicilan mahal, kita enggak minta sumbangan pemerintah. Mau bayar DP mobil kita juga cari pinjaman, dibayarnya pakai promo, sudah begitu promo juga blum tentu keluar (cair). Dikasih stiker, emangnya kita odong-odong," ucap Aldi.

Sementara itu, pendemo lainnya, Ifa, mengatakan dirinya tak sepakat dengan pembatasan wilayah operasi dengan stiker yang ditempel di kaca mobil tersebut. Menurutnya, kendaraan taksi online adalah mobil pribadi, sehingga tak bisa disamakan dengan angkutan umum lainnya.

"Nanti saya jalan-jalan ke Bandung sama anak saya bisa ditangkap dong sama Dishub. Saya enggak mau pembatasan. Mobil-mobil sendiri, kenapa harus dibatasi," tandas Ifa. (idr/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed