ADVERTISEMENT

Gerai Debenhams di Kemang dan Karawaci Tutup, Sisa 1 di Senayan

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 26 Okt 2017 11:47 WIB
Foto: Rahmi Anjani
Jakarta - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) jadi pusat perhatian setelah menutup seluruh gerai Lotus Departmen Store. Selain Lotus, emiten berkode MAPI itu juga akan menutup Debenhams.

Head of Corporate Communication MAP, Fetty Kwartati, mengatakan dari tiga gerai Debenhams yang ada di Indonesia, saat ini hanya tersisa satu yang berlokasi di Senayan City. Gerai itu akan ditutup akhir tahun ini.

"Debenhams total ada tiga, di Kemang Village dan Supermall Karawaci sudah ditutup. Satu lagi di Senayan City akan ditutup akhir tahun," tuturnya kepada detikFinance, Kamis (26/10/2017).

Ia menambahkan, keputusan penutupan dua toko tersebut diambil manajemen setelah mempertimbangkan perubahan tren ritel secara global. Apalagi, kata dia, perubahan gaya berbelanja dari offline ke online mulai merambah Indonesia.

"Di seluruh dunia, tren berbelanja generasi milenial telah beralih dari department store, dan memilih untuk berbelanja di gerai specialty store. Hal ini juga terjadi tidak terkecuali di Indonesia," katanya kepada detikFinance, Kamis (26/10/2017).

Sejalan dengan tren pasar saat ini, kata Fetty, emiten berkode MAPI itu akan terus berinvestasi pada bisnis Active, Fashion dan Food & Beverage. Indonesia juga melihat pertumbuhan signifikan industri e-Commerce yang berdampak pada offline store.

Menanggapi transisi digital itu, pihaknya juga telah meluncurkan gerai online, Map Emall. Perseroan akan fokus mengembangkan bisnis O2O tersebut.

Seperti diketahui, Lotus dioperasikan oleh PT Java Retailindo (JR) yang sahamnya 100% dimiliki oleh MAPI. Sementara Debenhams yang merupakan ritailer multinasional asal Inggris lisensinya dipegang oleh anak usahanya PT Benua Hamparan Luas. (ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT