Follow detikFinance
Sabtu 28 Oct 2017, 13:35 WIB

Setelah Lotus, Pengusaha Sebut Bakal Ada Lagi Toko Ritel Tutup

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Setelah Lotus, Pengusaha Sebut Bakal Ada Lagi Toko Ritel Tutup Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Toko ritel seperti 7-Eleven, Matahari di Pasaraya Blok M dan Manggarai, dan Lotus Department Store tutup. Bukan itu saja, gerai Debenhams di Senayan City juga akan tutup akhir tahun ini.

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Tutum Rahanta, penutupan toko ritel akan berlanjut.

"Ini ada beberapa toko yang sudah konfirmasi ke saya akan tutup sekian toko atau pertumbuhannya akan saya kurangi'," kata Tutum dalam diskusi Warung Daun, Cikini, Sabtu (28/10/2017).


Tutum enggan mengungkap identitas toko-toko ritel tersebut. Ia hanya menjelaskan, ritel yang akan tutup itu bergerak di industri non makanan

"Sebenarnya hampir merata. Tapi yang besar adalah dari industri non-food. Kalau food pasti ngerem. Jadi baru bilang kalau sudah mau tutup," sambungnya.

Menurut Tutum, tutupnya sejumlah toko ritel, bukan hanya karena ada toko online, melainkan juga karena perubahan perilaku di masyarakat saat ini yang memilih mengerem belanja.


Senada, Ari Kuncoro, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, menambahkan terjadi perubahan perilaku masyarakat, dari yang biasanya menghabiskan uang untuk belanja, namun sekarang memilih menabung.

"Kita amati tahun sejak tahun 2015. Jadi ada dua lebaran haji dan lebaran idul adha yang memerlukan keperluan sehingga mereka memilih untuk menabung dibandingkan menggunakan uangnya," terang Ari.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed