Follow detikFinance
Rabu 01 Nov 2017, 10:57 WIB

Menjajal Tarif Baru Taksi Online

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Menjajal Tarif Baru Taksi Online Foto: Tim Infografis-Fuad Hasim
Jakarta - Hari ini aturan baru taksi online yang tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 resmi berlaku. Regulasi ini juga mengatur tarif batas atas dan batas bawah taksi online.

Adapun, pemberlakuan tarif dibagi dua, yakni wilayah I antara lain Sumatera, Jawa, dan Bali. Kemudian wilayah II meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Tarif baru yang berlaku untuk wilayah I dengan batas bawah Rp 3.000 per kilometer dan batas atasnya Rp 6.000. Kemudian untuk wilayah II batas bawahnya Rp 3.700 per kilometer dan batas atas Rp 6.500 per kilometer.

Penasaran, detikFinance pun mencoba menggunakan taksi online dari beberapa aplikasi taksi online teranyar pagi ini, Rabu (1/11/2017), untuk mengecek kenaikan tarif tersebut.


Pertama-tama, detikFinance mencoba untuk menjajal aplikasi Go-Car dari kawasan Pamulang, menuju Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan. Jarak yang tampak dari aplikasi tersebut sekitar 6,7 kilometer. Sementara tarif yang dikenakan oleh aplikasi untuk menuju lokasi yang dituju sebesar Rp 24.000.

Jika dihitung secara kasar tarif yang diberikan, yakni Rp 24.000 : 6,7 kilometer, maka hasilnya sekitar Rp 3.500 untuk tarif per kilometernya. Artinya, tarif yang diberikan dari Go-Car masih sesuai dengan penetapan yang diberikan oleh pemerintah, yakni wilayah I dengan batas bawah Rp 3.000 per kilometer dan batas atasnya Rp 6.000.

Kemudian, detikFinance pun membandingkan dengan menggunakan aplikasi taksi online lainnya, yakni GrabCar. Dengan rute yang sama, dari kawasan Pamulang ke Stasiun Rawa Buntu, tarif yang diberikan oleh GrabCar sedikit lebih tinggi, yakni Rp 31.000.


Bila kembali dihitung secara kasar tarif yang diberikan, yakni Rp 31.000 : 6,7 kilometer, maka hasilnya sekitar Rp 4.600 untuk tarif per kilometernya. Walau sedikit lebih mahal, namun tarif yang diberikan dari GrabCar masih sesuai dengan penetapan yang diberikan oleh pemerintah.

Tak sampai di situ, detikFinance pun kembali mencoba dua aplikasi taksi online tersebut dari Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, menuju Kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Jarak tempuh yang tampak dari aplikasi tersebut sekitar 3,9 kilometer.

Dalam percobaan ini, Go-Car menetapkan tarif Rp 14.000. Sedangkan GrabCar justru sedikit lebih murah yakni Rp 12.000. Bila dihitung sesuai dengan cara yang dilakukan tadi, maka tarif yang diberikan Go-Car per kilometernya sekitar Rp 3.500, sementara untuk GrabCar sekitar Rp 3.000. Dengan demikian, tarif yang diberikan kedua aplikasi tersebut masih masih sesuai dengan penetapan yang diberikan oleh pemerintah. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed