Follow detikFinance
Kamis 02 Nov 2017, 16:04 WIB

Ada PHK Gara-gara Non Tunai? Ini Jawaban Operator Tol

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ada PHK Gara-gara Non Tunai? Ini Jawaban Operator Tol Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk diketahui telah mensosialisasikan sejumlah program jalan keluar bagi para karyawannya yang terdampak penerapan pembayaran tol 100% non tunai. Hal itu dituangkan dalam berita acara Bipartit Manajemen Jasa Marga dengan Serikat Karyawan Jasa Marga bernomor 11/BA-KESEPAKATAN/2017.

Lantas, bagaimana dengan operator tol lainnya?

Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis mengatakan pihaknya sejauh ini belum memiliki rencana adanya PHK ataupun program alih profesi seperti yang diterapkan Jasa Marga.

Operator tol Cikopo Palimanan (Cipali) ini masih membutuhkan para petugas di lapangan lantaran gerbang tol yang ada di tol Cipali seluruhnya masih menggunakan gardu semi otomatis (GSO) atau hybrid sehingga masih membutuhkan petugas.

"Saat ini kita tidak ada pengurangan petugas. Ini karena kita juga kan masih adaptasi, kita tetap butuh orang yang standby," katanya saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Namun demikian, dia tak menutup kemungkinan akan adanya karyawan atau jumlah petugas yang berkurang di jalan tol seiring dengan penerapan non tunai ke depan.

Tapi, jika pun ada petugas tersebut rencananya dialokasikan ke ruas lain milik Group Astra yang membawahi PT LMS.

"Ke depan kita coba lihat, evaluasi dulu. Tapi kita coba carikan alternatiflah. Kan kita bagian dari grup yang besar. Apakah kita alokasikan ke grup lain atau di ruas yang lain. Moga-moga enggaklah (PHK). Kita akan usahakan yang terbaik. Tapi sejauh ini enggak ada," terangnya.


Sementara itu Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Eka Sjarief mengungkapkan, isu pengurangan karyawan tak menjadi perhatian pihaknya.

Pasalnya, tol milik Waskita Toll Road yang dioperasikan baru 2 ruas dan pihaknya justru memerlukan banyak sumber daya manusia untuk mengoperasikan ruas-ruas tol baru yang akan dibuka oleh perusahaan.

"So far saya belum dengar ada rencana PHK. Kita kan yang beroperasi baru 2 ruas tol. Jadi enggak terlalu menjadi issue. Jadi enggak ada masalah soal itu," pungkasnya.

(eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed