Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Nov 2017 10:26 WIB

Jokowi: Dulu Pada Enggak Percaya Tol Becakayu Bisa Rampung

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Danu Damarjati/detikcom Foto: Danu Damarjati/detikcom
Bekasi - Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akhirnya dibuka untuk umum menyusul rampungnya pengerjaan seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 km. Seksi ini bakal mulai dibuka untuk umum setelah diresmikannya pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini.

Jokowi mengaku senang ruas ini akhirnya bisa dibuka setelah 21 tahun yang lalu mulai dikerjakan sejak dikeluarkannya Surat Perintah Kerja (SPK). Dia berharap ruas ini bisa memecah kemacetan di jalur Bekasi-Jakarta yang selama ini padat oleh volume lalu lintas yang tinggi.

"Paling tidak ruas yang dibuka ini bisa mengurai kemacetan jalur. Dan Kita tahu bahwa jalan tol Becakayu ini berhenti 21 tahun karena SPK sudah diberikan tahun 1996. Sejak 2015 awal sudah dikerjakan, sekarang selesai. Nanti akan diteruskan ke tambun sama ke Bekasi Barat, sehingga akses dari Jakarta menuju Bekasi akan semakin lancar," katanya di lokasi tol layang Becakayu, Bekasi, Jumat (3/11/2017).

Jokowi menegaskan proyek ini bakal terus dikawal pengerjaannya dan tak bakal mangkrak sehingga bisa selesai sesuai target. Ruas ini secara keseluruhan ditarget rampung pada 2019 mendatang.

"Percayalah, kita ikuti terus ini. Dulu pada enggak percaya, dua yang lalu bahwa ini rampung. Kan rampung kan sudah," ucapnya.

Adapun jalan tol yang menghubungkan Bekasi, Cawang dan Kampung Melayu ini dibangun dan dioperasikan oleh PT Kresna Kusum Dyandra Marga (KKDM), perusahaan konsorsium yang terdiri dari mayoritas saham PT Waskita Toll Road dan Jasa Marga.


Tol ini akan dibuka mulai besok dan akan digratiskan hingga surat keputusan Menteri PUPR mengenai tarif tol keluar. Kehadiran tol Becakayu akan menambah kapasitas dan pilihan para pengguna jalan, serta membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat.

Apabila selama ini waktu tempuh dari Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, dengan dioperasikannya Tol Becakayu diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan. Dari Bekasi ke Kampung Melayu diperkirakan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed